MTQN ke-16 Tingkat Kabupaten Balangan Secara Resmi Dibuka H Abdul Hadi

KabarKalimantan, Paringin – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-16 Tingkat Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi, secara resmi dibuka oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi, Sabtu (19/8/2023).

MTQN ke-16 Tingkat Kabupaten Balangan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 19-21 Agustus 2023 di Kecamatan Tebing Tinggi, dan diikuti oleh ratusan kafilah se-Kabupaten Balangan.

Dalam kegiatan pembukaannya juga tampak berhadir jajaran Forkopimda Kabupaten Balangan, Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, Ketua TP-PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi, Camat Tebing Tinggi Nur Samidi, Anggota DPRD Balangan, dan undangan lainnya.

“Penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membuktikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa,” kata Abdul Hadi dalam sambutannya.

Bagi kaum muslimin, sambungnya, Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang selalu aktual sepanjang masa yang berisi nilai-nilai luhur universal, yakni sejalan dengan fitrah manusia.

“Al-Qur’an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan. Dan kita harus meneladani Nabi besar Muhammad, kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an. Menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang menyakiti sesama,” jelasnya.

Dalam MTQ ini akan tampil qori qoriah, hafiz hafizah, mufasir mufassirah terbaik Bumi Sanggam.

“Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat. Berlomba meraih prestasi. Berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul yang kompetitif, yang berkarakter islami sebagai mana akhlak Rasulullah,” harapnya.

Abdul Hadi juga mengatakan MTQ bukan semata-mata wadah untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an, tetapi juga merupakan jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

Selain itu untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Dan yang sangat penting sebagai dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin.

Ia juga menyampaikan keyakinannya dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah, tetapi juga memperkokoh semangat ukhuwah seperti yang diajarkan oleh baginda Rasulullah.

“Ulun yakin dengan pertolongan Allah dan impian kita bersama kita akan mampu membangun desa menata kota menuju Balangan yang lebih maju dan lebih sejahtera,” pungkasnya.

Hadrianor

Pos terkait