Sukses Raih Predikat “Best Practice CSR” Tingkat Asean, PT BIB Ukir Prestasi di Kancah Global

KabarKalimantan, Batulicin – Terbilang sukses mewakili Indonesia pada ajang Asean Energy Awards 2023 awal tahun lalu, tahun ini PT Borneo Indobara (BIB) terus meningkatkan perannya di kancah global dengan mendapatkan anugerah penghargaan Kategori “CSR Best Practice” untuk Large company tingkat Asean.

Acara ini diadakan oleh Asean Center for Energy yang diwakili sektor Energi dan Daya Mineral Kementerian ESDM Republik Indonesia. PT Borneo Indobara melalui Divisi CSR pertama kali diminta untuk mewakili Indonesia pada ajang ini.

Terkesan luar bisa dan terarah CSR PT Borneo Indobara mendapatkan penghargaan sebagai CSR Best Practise tingkat Asean mengungguli perusahaan EGAT perwakilan dari Thailand yang sebelumnya menjuarai kategori ini.

Adapun Asean Coal Awards ini diwakili sebanyak 45 perusahaan di negara Asean, termasuk 18 perusahaan terbaik di Indonesia, diantaranya PT BIB sendiri. Untuk mewakili Indonesia, diperlukan beberapa prasyarat salah satunya adalah memiliki prestasi lebih untuk CSR ditingkat nasional.

Melalui tema “Building Coalition With Stakeholders For Sustainability Developments”, (Membangun Koalisi dengan Pemangku Kepentingan untuk Pembangunan Berkelanjutan) yang diangkat oleh PT Borneo Indobara dalam ajang ini, dapat dimanifestasikan dengan relevan dan objektif oleh Tim penilai yang dilaksanakan selama April hingga Agustus 2023.

Penghargaan diberikan oleh Asean Center for Energy selaku pihak penyelenggara, kepada PT Borneo Indobara, di Nusa Dua Convention Center, Bali, Indonesia, Jumat, 25 Agustus 2023.

Acara penerimaan penghargaan  dihadiri langsung CEO PT Golden Energy Mines, Bonifasius Huang Holding Company perusahaan PT Borneo Indobara serta General Manager CSR PT Borneo Indobara Dindin Makinudin.

“Penghargaan ini merupakan salah satu prestasi dan penyemangat bagi PT Borneo Indobara khususnya Divisi CSR untuk terus memberi arti, dan memastikan kemandirian serta keberlanjutan bagi masyarakat sekitar dengan berkolaborasi bersama semua pihak,” ucap General Manager PT Borneo Indobara Dindin Makinudin.

Hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa peluang kesejahteraan sosial masyarakat dapat diwujudkan melalui sinergitas lintas sektoral, meliputi unsur negara, masyarakat sipil dan sektor swasta (corporate).

Masing-masing dapat bekerja sesuai dengan perannya. Sektor swasta dapat membantu mewujudkan terselenggaranya pelayanan kesejahteraan sosial melalui mekanisme tanggungjawab sosial perusahaan.

Karena kebijakan Corporate Sosial  Responsibility (CSR) mampu menjadi angin segar untuk pembangunan melalui program pemberdayaan yang berkelanjutan

Diharapkan kehadiran PT BIB di daerah diharapkan dapat meningkatkan  pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi  pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Tim/Slamet Riadi

Pos terkait