Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang Kedatangan Tim Kementerian ESDM dalam Penilaian Subroto Award 2023

KabarKalimantan, Paringin – Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang yang terletak di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan biasanya digelar pada hari minggu ke 4 setiap bulannya, kali ini harus dimajukan karena kedatangan Tim Penilai Verifikasi Lapangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Program Subroto Award 2023.

Hal tersebut diceritakan langsung oleh kepala desa Balida Sahridin sekaligus inisiator Racah Mampulang sela-sela kegiatan kepada beberapa awak media.

“Kedatangan tim penilai verifikasi lapangan untuk memverifikasi keterlibatan langsung orang-orang di wisata Racah Mampulang misalkan, pelaku UMKM atau pedagang nya langsung dipanggil dan tanya jawab, kemudian pelaku seninya juga di verifikasi apakah benar warga sini dan berapa orang yang terlibat, habis itu juga di tanya pekerja lepas, pengrajin, semuanya di verifikasi langsung ke lapangan apakah sesuai dari persentase yang dikirim kemarin,” ujarnya, Sabtu (9/9/2023).

Ia menyebutkan terselenggaranya pasar budaya atas kerjasama dengan beberapa pihak yang terkait seperti sanggar seni yang mengisi acaranya, UMKM balida, lalu sebagai promosi, Dinas Pariwisata yang mempromosikan dengan komunitas-komunitas yang ada di binaannya, dari Dinas Pendidikan bidang kebudayaan juga ikut mempromosikan dengan Nanang-Galuh, juga didukung pihak Humas PT Adaro.

“Ke dapan kami berharap dengan adanya pasar budaya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan banyak melibatkan warga, dengan adanya pasar budaya, puluhan warga bisa mendapat hasil dari penjualan, nah habis itu nanti ke depannya juga kami sudah mulai membuat wahana-wahana baru seperti ada wisata susur sungai, nanti akan ada wisata di danau pasca tambang, nah itu nantinya kami ke depannya akan memperluas wisata racah mampulang ini,” harapnya.

Sementara itu, Camat Paringin Misrinawati yang turut mendampingi kedatangan tiga orang tim verifikasi mengatakan sangat mengpresiasi kegiatan ini.

“Tentu kami sangat mendukung semua kegiatan yang meningkatkan ekonomi masyarakat, selain untuk melestarikan budaya,” ucap Camat.

Sebagai informasi, Program Subroto Award 2023 merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para pihak terkait yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor ESDM.

Hadrianor

Pos terkait