TNI AL Kotabaru Laksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Sekaligus Budidaya Ikan Tawar

KabarKalimantan, Kotabaru – TNI AL melaksanakan gerakan nasional ketahanan pangan secara serentak oleh jajaran TNI-Polri di seluruh Indonesia melalui video conference (vicon) serta panen ikan air nila dan penebaran 1500 benih ikan air tawar,bertempat di Mako Lanal Kotabaru, Rabu (1/11/2023)

Selain menyaksikan vicon secara serentak bersama Wakil Presiden RI bersama Panglima TNI dari Pusat,acara juga dilanjutkan dengan penebaran 1500 benih ikan air tawar serta panen ikan nila secara bersamaan Forkopimda di tambak ikan yang telah disediakan oleh Lanal Kotabaru.

Hadir di acara, Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad, Danlanal kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro, Kasdim 1004 kotabaru Mayor ARM Agus Surya Sulendra, Waka Polres Kotabaru Kompol Agus Rusdi Sukandar dan Jalasenastri Lanal Kotabaru.

Sementara itu, Danlanal Kotabaru mengatakan hari ini talah di laksanakan vicon terkait dengan ketahanan pangan secara nasional dengan wapres dan panglima TNI serta Kapolri, kita menghadapi cuaca gelombang panas karena banyak kekeringan otomatis mengurangi masa panen, baik itu dari tumbuhan maupun perikanan kemudian dicanangkan untuk melaksanakan ketahanan pangan, meskipun program tersebut sudah berjalan lama dari panglima TNI.

“Untuk Lanal sendiri kita melaksanakan ketahanan pangan dengan budidaya tambak ikan air tawar yang mana di musim panas seperti sekarang lebih mudah. Dan kolam di kawasan Lanal bisa di panen sekaligus bisa kita sebar benihnya,” ucap Danlanal.

Memilih ikan karena mudah, perawatannya gampang tidak seperti tanaman yang harus di siram setiap hari karena musim panas, kita juga memanfaatkan lahan dari Lanal yang 30 Hektar jadi yang bisa di manfaatkan 10 sampai dengan 15 Hektar untuk sekarang sisanya masih rawa dan masih di manfaatkan kita jadikan sebagai tambak dan kedepannya nanti akan memulai lagi untuk kita lanjutkan tambak.

“Lanal kotabaru mendapat dukungan dari pemerintah daerah dalam hal ini dinas perikanan, bibit ikan di dukung penuh dari dinas perikanan, sekitar 1500 bibit ikan nila,” katanya.

Dengan harapan Lanal ikut mendukung program pemerintah terutama masalah ketahanan pangan kita bisa mendukung dari budidaya ikan setidaknya mengurangi beban dari kebutuhan masyarakat terkait pangan.ungkap Danlanal Kotabaru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *