Program Merdeka Belajar, Sinergi Bersama Cetak SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

KabarKalimantan, Banjarmasin – Program Pendidikan Merdeka Belajar selain dapat mendorong inovasi dan meningkatkan kompetensi guru, diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi murid.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor pada penyerahan penghargaan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemerintah Daerah di Hotel Aria Barito – Banjarmasin, Jum’at (1/2/2023) malam.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, salah satu kunci untuk terus mencetak sumber daya manusia, yang berkualitas dan berdaya saing, adalah pada penyelenggaraan pendidikan, karena pendidikan merupakan faktor utama, yang mendorong kemajuan, dan perubahan yang lebih baik, di berbagai lingkup kehidupan.

“Sejarah telah mencatat, kemajuan dan keunggulan suatu bangsa, selalu di awali dengan kesuksesan dalam membangun pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan,” katanya.

Menurutnya, keberhasilan dalam melaksanakan transformasi program merdeka belajar, tidak hanya mencerminkan dedikasi tinggi, tetapi juga kerjasama yang erat antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, dalam mewujudkan perubahan yang positif dalam dunia pendidikan.

“Program yang baik, tidak akan berjalan dengan baik, tanpa adanya kerjasama, tanpa adanya pemahaman yang sama, komitmen, dan kolaborasi khususnya antar para pemagku kepentingan. Transformasi program merdeka belajar bukanlah tugas yang mudah. Kita tidak akan bisa meraih kesuksesan, tanpa keterlibatan dan kerjasama yang kuat, di antara kita semua,” ucapnya.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, Paman Birin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif, responsif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.

“Semoga apresiasi yang diberikan ini, dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi, terus bergerak, dan memperkuat sinergi dengan stakeholders, demi mencapai tujuan bersama, yaitu mencetak generasi yang cerdas, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalsel, Yuli Haryanto menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk BPMP Kalsel dalam mengapresiasi atas kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah daerah dalam mensukseskan program pendidikan merdeka belajar.

“Jadi ada 14 award yang kami berikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk 13 kabupaten-kota dan 1 Provinsi,” ucapnya.

Ia menambahkan, penghargaan ini juga bukan hanya dalam mensukseskan dalam arti mencapai target capaian, tapi dapat memberikan dampak kepada murid untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memotivasi para guru.

“Kami semua sudah berupaya berkolaborasi bersama-sama terutama untuk mensukseskan program pendidikan merdeka belajar. Selain dinas pendidikan kami juga mengapresiasi teman-teman kami dari komunitas belajar, se-Provinsi Kalsel,” pungkasnya.[]

Syahri Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *