Bupati Balangan Hadiri Aruh Balogo Provinsi Kalsel ke-1

KabarKalimantan, Paringin – Bupati Balangan H Abdul Hadi ikuti dan hadiri kegiatan Aruh Balogo Provinsi 1 Kalimantan Selatan (ARBALPROV) yang diselenggarakan oleh Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) Kabupaten Balangan di Lapangan Tenis Kecamatan Paringin, Sabtu (2/12/2023)

ARBALPROV ke-1 ini diikuti oleh 12 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, dengan total peserta mencapai 644 orang.

Ketua Pelaksana ARBALPROV 1, H Yazid Fahri dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan UU No 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan Nasional.

“Tujuan utama pelaksanaan ARBALPROV 1 adalah menjalankan visi dan misi olahraga serta mempererat silaturahmi antar kabupaten kota,” ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Balangan H Abdul Hadi menyampaikan selamat kepada GOBI Kalimantan Selatan dan GOBI Kabupaten Kota se-Kalimantan Selatan yang baru dikukuhkan.

“Sudah legal, jadi sekarang bisa membuat proposal dan meminta dukungan dari masing-masing Bupati untuk membesarkan GOBI di kabupaten masing-masing,” ucap Bupati.

Bupati menegaskan harapannya, agar permainan Balogo dapat mendunia seperti golf. “Balogo ini mirip dengan golf, harus tenang dan fokus. Kita berharap Balogo bisa mencapai level internasional, bahkan di Amerika dan Eropa,” ungkapnya.

Sebelumnya Pembukaan kejuaraan diresmikan oleh Bupati Balangan, dan pesan sukses juga disampaikan kepada panitia pelaksana yang telah bekerja keras untuk kesuksesan acara ini.

Sedangkan, H Suwardi Sarlan saat wawancara mengungkapkan rasa syukur atas pengukuhan GOBI Se-Kalimantan Selatan.

“Event ini kita tunggu-tunggu sejak 2001. Pengukuhan malam tadi menjadi tonggak bersejarah, alhamdulillah berjalan lancar. Komitmen kita adalah mengangkat permainan tradisional ini menjadi olahraga yang mendunia,” paparnya.

Ketua Gobi Provinsi menekankan komitmen untuk mengembangkan permainan tradisional, tidak hanya di Balangan tetapi juga di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

“Antusias peserta sangat luar biasa, dan kita berharap dukungan dari pemerintah dan perusahaan dapat terus mengalir untuk mengembangkan olahraga Balogo ini,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Balangan dan PT Adaro atas dukungan finansial mereka.

“Dengan adanya medali, kejuaraan ini semakin luar biasa, dan kita berharap ini menjadi dorongan bagi pemerintah di seluruh Kalimantan Selatan untuk lebih mendukung olahraga tradisional,” pungkasnya.

Hadrianor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *