Paman Birin: Teruslah Berkarya, Adaptif dan Kreatif terhadap Perkembangan Informasi

KabarKalimantan, Banjarmasin – Momentum Malam Anugerah Apresiasi Media Pemprov Kalsel (AMPK) 2023, mempu memotivasi dan mendorong Media Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berkembang lebih adaptif dan kreatif terhadap perkembangan informasi dalam lingkup pemerintahan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Sulkan pada penyerahan Anugerah Apresiasi Media Pemprov Kalsel (AMPK) di Banjarmasin, Rabu (6/12/2023) malam.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut dalam sambutannya mengatakan media pemerintah di momentum anugerah apresiasi media pemerintah ini utamanya bukan hanya siapa yang dinilai baik tetapi untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi arus informasi yang begitu cepat.

“Sekarang dan seterusnya ruang-ruang publik dibanjiri oleh informasi yang mengalir begitu deras dari kanal-kanal informasi terutama dari sosial media. Sayangnya informasi yang beredar diruang publik bukan hanya bermuatan pesan positif tetapi juga mengandung pesan negatif, bahkan juga sering muncul informasi bohong atau hoax,” katanya.

Ia berharap, media pemerintah mampu menetralisir perkembangan informasi dalam kemasan yang baik dan mampu menjadi pencerah serta penyeimbang dalam memberikan informasi yang akurat dan menarik, terlebih sekarang sedang berada dalam masa kampanye pemilu 2024, dimana banyak bermunculan isu-isu pemilu dan realitas politik yang mengarah kepada narasi negatif dan berpotensi menimbulkan perpecahan dan permusuhan.

“Jika media pemerintah bisa memainkan peran strategisnya, In Syaa Allah tantangan besar ini bisa kita lewati,” ucapnya.

Melihat pesatnya perkembangan informasi, tiga hal ia tekankan kepada pengelola media pemerintah yakni para pelaku media pemerintah harus aktif berkomunikasi kepada masyarakat. Kedua, media pemerintah harus mempunyai agenda setting dan narasi tunggal dalam berkomunikasi kepada masyarakat dan mempunyai framing atas isu. Dan ketiga, jelaskan isu secara terbuka, tidak perlu tarung informasi antar instansi pemerintah, serta dorong keterlibatan publik dalam pengambilan keputusan.

“Ketiga hal tersebut, yang saya tekankan bisa diterapkan secara efektif, jika kolaborasi dan koordinasi antar pengelola media pemerintah berlangsung dengan baik. Teruslah berkarya dan membangun reputasi yang positif bagi Kalsel Babussalam,” katanya.

Sementara itu, Dirjend Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Usman Kansong melalui virtual menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan AMPK tahun 2023.

“Sebagai koordinator komunikasi publik nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika menghargai setiap pemberian apresiasi bagi kinerja media, karena media adalah mitra pemerintah. Media adalah sarana untuk menyampaikan kinerja dan kerja-kerja-kerja baik pemerintah sehingga bisa disimak oleh masyarakat,” ucapnya.

Adapun, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, H M Muslim selaku ketua penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa peserta yang mendaftar sebanyak 32 SKPD Kalsel dari 47 sasaran peserta dan ada 4 kategori yakni Kategori Media Massa Online, Kategori Media Sosial, Kategori Website dan Kategori Top Influencer.

“AMPK ini juga diikuti 7 dari 13 Diskominfo kabupaten kota se-Kalsel dengan Kategori Mitra Humas Pemprov Terbaik,” katanya.

Selain itu, Dr H Syaifudin selaku perwakilan Dewan Juri menuturkan, melalui kegiatan ini membuktikan bahwa Pemprov Kalsel berkomitmen sangat kuat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang program-program pembangunan yang dilakukan oleh SKPD di lingkup Pemprov Kalsel.

“Dimana penilaiannya tentang program kerja, apa yang sedang dilakukan dan capaian yang sudah dikerjakan. Sehingga itu bisa dilihat oleh masyarakat kita sebagai suatu bukti bahwa adanya pembangunan di tahun 2023,” pungkasnya.

Adapun para pemenang pada Anugerah AMPK 2023, yakni:

Pemenang Kategori Media Massa Online
– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
– Dinas Kehutanan
– Dinas Perkebunan dan Peternakan

Pemenang Kategori Media Sosial
– Biro Organisasi Sekretariat Daerah
– Dinas Lingkungan Hidup
– Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah

Pemenang Kategori Website
– Dinas Lingkungan Hidup
– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Pemenang Kategori Top Influencer
– Ahmad Solhan
– Nurul Fajar Desira
– Hermansyah

Pemenang Kategori Mitra Humas Pemprov Kalsel Terbaik
– Diskominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan
– Diskominfo Kabupaten Balangan
– Diskominfo Kabupaten Barito Kuala.

Syahri Ramadhan

Pos terkait