Antisipasi Terjadinya Banjir, Kodim 1022 Tanbu Gelar Bakti Sosial Bersihkan Lingkungan

KabarKalimantan, Batulicin – Berbagai upaya dilakukan Kodim 1022/Tanah Bumbu dalam menghadapi musim hujan, mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit, serta memelihara keindahan lingkungan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Salah satu upaya yang dilakukan Kodim 1022/Tanah Bumbu dengan melaksanakan pembersihan sampah, membersihkan parit/saluran air yang tersumbat di pasar tradisonal serta penanaman pohon di wilayah Bumi Bersujud, Jumat (8/12/2023).

Pada kegiatan bakti sosial tersebut, seluruh personel dari Kodim dan Koramil jajaran, serta dengan melibatkan pemerintah daerah, Polres, instansi vertikal di antaranya Dinas Lingkungan Hidup, Unit Pengelola Pasar, pemerintahan kecamatan dan desa, beberapa ormas, perusahaan serta siswa/siswi SMA setempat.

Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi, S.H., M.Tr (Han) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dan menunjukkan bahwa TNI selalu hadir di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat melestarikan budaya gotong royong, sekaligus membangkitkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan,” ucap Dandim.

Dandim menjelaskan, sengaja hari ini kegiatan difokuskan untuk pembersihan di areal pasar untuk mencegah banjir, menghindari dari penyebaran penyakit, menciptakan kondisi lingkungan yang bersih serta nyaman bagi seluruh pengunjung pasar.

Selain giat pembersihan lingkungan pasar tradisional, juga dilaksanakan penanaman pohon di lahan milik TNI AD di Desa Pulau Salak, Kusan hilir seluas 28 Ha, sekitar lingkungan Koramil Angsana dan akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan pada lahan tidur milik TNI AD sendiri, milik pemerintahan daerah, dan perusahaan-perusahaan sebagai langkah awal pencegahan dini bencana banjir.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut perintah Bapak KASAD dalam rangka antisipasi bencana banjir, penyebaran wabah penyakit yang dilaksanakan oleh seluruh Kodim di wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Slamet Riadi

Pos terkait