SMK Negeri 2 Kotabaru Join Program dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja

KabarKalimantan, Kotabaru – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kotabaru melaksanakan penandatanganan MOU kerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan juga Dunia Kerja.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Win Food yang dihadiri Asisten Satu Pemerintah Daerah Kotabaru Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Minggu Basuki, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kotabaru Edi Rohaedi, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru, perwakilan Dinas Ketenaga Kerjaan Kotabaru, para pelaku dunia usaha, dunia Industri dan dunia kerja serta para guru SMK Negeri 2 Kotabaru, Selasa (12/12/23).

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kotabaru Edi Rohaedi mengatakan untuk di SMK Negeri Kotabaru mempunyai enam program keahlian terdiri dari tehnik keahlian kendaraan ringan, tehnik pengelasan, analisis laboratorium, akutansi keuangan lembaga, desain informasi permodelan bangunan dan perhotelan.

Kerja sama ini awal dari meningkatkan mutu anak-anak didik kami di SMKN 2 Kotabaru.

“Kami juga perlu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kotabaru, guna mendukung dan mensupport dunia pendidikan di kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

Dalam MoU ini, kami bersepakat kedua belah pihak, baik pihak perusahaan maupun pihak kami sendiri sepakat mengelola kelas Industri, dimana kelas Industri itu juga ikut memberikan pelajaran di sekolah kami.

Dan juga dalam kegiatan pemagangan sudah ada kesepakatan dengan pihak perusahaan sesuai dengan MOu yang kami tandatangani bersama.

“Semua biaya yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan didalam kegiatan magang yang dilakukan oleh siswa kami, pihak perusahaan mendapatkan potongan pajak,” ungkap Edi.

Sementara itu, Ali Imron Manager Quality PT. Jhonlin Agro Raya mengatakan pihak kami melaksanakan penandatangan MoU di bidang laboratorium analis, sesuai dengan jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Kotabaru.

Tetapi bila ada keterkaitan yang lain, seperti di bidang manajemen teryata juga ada di SMK Negeri 2 Kotabaru.

Selain kerja sama di kurikulum, kami juga kerja sama dengan pihak sekolah yang namanya PKL, atau guru magang selalu kita berikan support.

“Kami tidak hanya di SMK Negeri 2 Kotabaru saja melakukan Mou tapi di sekolah-sekolah lain pun kami juga telah melaksanakan Mou, itu dikarenakan kepedulian kami dengan pendidikan,” jelasnya.

Ardiansyah

Pos terkait