Kodim 1022 Tanbu Gelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD ke-78

KabarKalimantan, Batulicin – Komando Distrik Militer 1022/Tanah Bumbu menggelar Upacara peringatan Hari Juang TNI AD yang ke-78 berlokasi di lapangan Upacara Makodim, Jalan Kodeco Km 4,5 deaa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (15/12/2023).

“Selamat Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023” kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini,” ucap Kepala Staf Kodim 1022/Tnb Mayor Inf Priya Firmansyah membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Maruli Simanjuntak.

Ia mengungkapkan, Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

“Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan. Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua,” kisahnya.

Ia mengatakan, Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Kemanunggalan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial.

“Menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI-AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks. Selain itu, kita juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD,” ungkapnya.

Peserta upacara diikuti personil Kodim 1022/Tnb, personil Kompi Senapan B Yonif 623/Bwu, dan Densub Pom Batulicin.

Slamet Riadi

Pos terkait