Jelang Pemilu 2024, Polres Batola Siap Lakukan Pengamanan

KabarKalimantan, Marabahan – Polres Batola melaksanakan kegiatan Tactical Wall Game dalam Rangka Sistem Pengamanan Kota menghadapi Pemilu 2024 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang dilaksanakan di Aula Selidah, Rabu (7/2/2024).

Kapolres Batola AKBP Diaz Sasongko SIK melalui Kasi Humas IPTU Marum menerangkan, kegiatan TWG tersebut dilaksanakan dalam rangka menerapkan sistem pengamanan kota menghadapi Pemilu 2024 di Batola

“Dengan diadakannya Tactical Wall Game ini, diharapkan personel kepolisian dapat berlatih dalam mengevaluasi situasi, merencanakan tindakan yang tepat, berkoordinasi dengan anggota tim, dan merespons dengan cepat terhadap situasi yang berkembang,” ujar Kapolres.

Kegiatan ini melibatkan peran-peran yang berbeda seperti penanganan konflik, pengamanan tempat pemungutan suara, pengamanan proses Pemilu, dan lain sebagainya. Juga untuk mempersiapkan personel Kepolisian agar siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul selama pemilu, termasuk potensi kerusuhan atau gangguan keamanan.

“Kegiatan ini juga merupakan langkah yang sangat penting dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama pemilu serta melindungi hak-hak warga untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batola Mujiyat melalui Sekda Kab Batola menilai, Tactical Wall Game merupakan simulasi atau latihan taktis yang biasanya digunakan oleh aparat keamanan dan polisi, untuk melatih keterampilan dan koordinasi dalam menangani situasi-situasi kritis atau darurat yang mungkin timbul selama pemilu, atau dalam situasi yang memerlukan penanganan taktis.

“Latihan TWG ini harus dilakukan agar seluruh personel yang terlibat nanti dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” katanya.

Atas nama pemerintah daerah, Sekda berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Batola, serta dengan harapan selalu bersinergi dengan semua pihak yang terlibat dalam pengamanan pemilu, dan tidak ragu dalam penanganan masalah serta bergerak cepat untuk mengatasi bersama.

Sispamkota antisipasi konflik saat Pemilu 2024 melibatkan seluruh personel Polres Batola dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2023-2024 di wilayah hukum Polres Batola, membahas terkait Safe House dan Penempatan Plot Personel untuk pimpinan/Pejabat penyelenggara Pemilu.

Untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu, melalui kegiatan TWG ini, Polres Batola berupaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi sehingga semua rangkaian tahapan Pemilu dapat berlangsung sejuk aman dan damai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *