2025, Goa Liang Bangkai Jadi Destinasi Wisata Alam Dunia

Fhoto Fosil manusia purba yang ada Goa Liang Bangkai di kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) selama 2019 hanya fokus pada proyek pengembangan obyek wisata Goa Liang Bangkai, Pantai Angsana, dan Pantai Rindu Alam.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Hamaludin Taher, kepada redkal.com mengatakan, pihaknya telah menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 2 miliar. Selain itu juga ada dana anggaran dari APBD dengan jumlah yang sama.

“Dengan total anggaran Rp 4 miliar , semua dana itu digunakan untuk proyek pengembangan tiga lokasi vital obyek wisata yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu,” katanya pada Rabu (21/8/2019).

Untuk pengembangan Goa Liang Bangkai, pihak Disporapar membangun panggung, plaza untuk pusat jajanan, dan membangun  jalur tengah jalan untuk pejalan kaki.

Hamaludin mengakui, pengembangan obyek wisata Goa Liang Bangkai di Kecamatan Mantewe itu merupakan anjuran dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel. “Karena obyek wisata laut dan sungai kita kalah dengan daerah lain,” ujarnya lagi.

Baca Juga :   BNPT dan FKPT Kalsel akan Gelar Pelatihan dan Lomba Video Pendek

Pada saat ini, Goa Liang Bangkai merupakan bagian daripada obyek wisata yang ada di kaki Gunung Meratus di Kalsel. “Kini sudah ada Surat Keputusan (SK) dari  WTO masuk sebagai Geo Park dunia,”  ungkap Hamaludin.

Daya tarik obyek wisata Goa Liang Bangkai tersebut, menyimpan bukti pra sejarah tentang adanya fosil kerangka manusua purba yang diperkirakan sudah berumur hingga 3000 tahun.Hamaludin menambahkan, akses jalan menuju lokasi Goa Liang Bangkai sepanjang 3 kilometer saat ini sudah di aspal. Para pengunjung yang datang kesana tak perlu khawatir lagi, bahkan pada tahun ini, jaringan listrik sudah masuk.

Disporapar Kabupaten Tanah Bumbu mentargetkan, obyek wisata Goa Liang Bangkai pada 2025 nanti, akan menjadi destinasi wisata alam dunia.

“Semoga dengan adanya pengembangan dan peningkatan obyek wisata goa Liang Bangkai ini, bisa membuat masyarakat dan para pengunjung menjadi senang,” ucap Hamaludin berharap.

Baca Juga :   Sinergitas Wujudkan Demokrasi Aman, Damai, dan Sejuk

Reporter : Slamet Riadi

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here