30 Perguruan Tinggi Kalsel Ikuti Pomda 2019

1004

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) Provinsi Kalimantan Selatan diikuti 30 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Kalsel dengan total 1.200 temasuk pelatih dan official.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah saat pembukaan Pomda Kalsel yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Hasanuddin, Banjarmasin, Senin (24/6/2019).

Hermansyah mengatakan, dengan keikutsertaan para atlet dari berbagai perguruan di Kalsel ini adalah sebuah prestasi dan menjadi ajang pembinaan dalam bidang olahraga

“Melalui Pomda ini, kami berharap dapat menghasilkan atlet-atlet yang berkualitas untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di Jakarta nanti,” kata Hermansyah.

Ia menambahkan, Pomda kali ini diselenggarakan mulai 24- 28 Juni 2019, bertempat di dua kota yakni Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, dengan mempertandingkan 10 cabang olahraga yakni, futsal, gulat, karate, pencak silat, tenis lapangan, anggar, atletik, voli pasir, bulu tangkis, dan renang.

Baca Juga :   Dialog Nasional IKN, Paman Birin Sampaikan Keunggulan Kalsel

“Semoga dalam pelaksanaanya lancar dan mendapatkan bibit-bibit atlet berkualitas di mahasiswa hingga dapat memajukan olahraga Banua,” ucapnya.

Dalam Pomda kali ini, para atlet akan memperebutkan 497 medali, yang terdiri dari, 139 medali emas, 139 medali perak dan 219 medali perunggu. “Usai Pomda ini, para juara nantinya akan dilatih kembali untuk diikutkan di ajang Pomnas pada September mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang dalam kesempatan tersebut hadir membuka acara mengatakan, Pomda harus terus digelorakan.

Menurutnya, hal tersebut dalam rangka mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, khususnya para mahasiswa. “Dengan adanya Pomda ini para mahasiswa dapat memiliki tubuh yang kuat dan menciptakan  jiwa yang sehat hingga bisa mendukung kegiatan mahasiswa yang dinamis,” ucap Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Paman Birin berpesan agar para wasit atau juri untuk berlaku adil dan memberikan penilaian secara jujur, sedangkan untuk para peserta agar jangan sampai ada perkelahian.

Baca Juga :   Pererat Silaturahmi di Halal Bihalal Keturunan Datu Kabul

“Karena tujuan olahraga ialah menciptakan generasi yang sportif yang membawa pada kejujuran dan kesejahteraan,” pungkas Paman Birin.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here