313 JCH Dilepas Paman Birin, Kloter Pertama Asal Banjarmasin dan HSS Diberangkatkan Ke Madinah

990

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebanyak 313 orang dari Kloter pertama Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Banjarmasin asal Kota Banjarmasin dan HSS diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor menggunakan Pesawat Garuda Indonesia Air Bus 330 Seri 200 dengan nomor penerbangan GIA 8201.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang melakukan pelepasan JCH Kloter pertama ini berpesan kepada setiap JCH agar menjaga kesahatan dengan baik, mentaati peraturan yang berlaku dan selalu fokus dalam beribadah di Makkah – Madinah nantinya.

“Selamat sampai tujuan, doakan juga warga Banua kita menjadi masyarkat yang sejahtera. Semoga menjadi haji yang mabrur dan kembali ke Kalsel dengan selamat,” ucap Paman Birin sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H Noor Fahmi menjelaskan, JCH Embarkasi Banjarmasin tahun 2019 berjumlah 6.056 orang. Di ataranya 4.136 JCH asal Kalimantan Selatan dan 1.920 JCH asal Kalimantan Tengah yang terbagi dalam 19 Kloter.

Baca Juga :   380 Calon Jamah Haji Tabalong Ikuti Sosialisasi Paspor

Ia menjelaskan, setiap Kloter berjumlah 320 orang JCH dan Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) serta didampingi 5 petugas Kloter yang terdiri dari 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kloter, 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan 3 orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri 1 orang Dokter dan 2 orang Perawat.

“Total yang berangkat kloter pertama 321 orang. Di antaranya 313 JCH, 5 petugas dan 3 tim kesehatan. Sebenarnya 325 orang, namun ada 3 orang JCH mutasi ke kloter berikutnya karena sakit dan 1 orang wafat di daerah. Kalau sudah sehat bisa berangkat Madinah,” jelasnya.

Direncanakan, Kloter kedua asal Kabupaten Tabalong dan 3 orang Petugas Haji Daerah akan memasuki Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada 10 Juli 2019 sekitar pukul 07.00 Wita dan akan diberangkatkan pada esok harinya tanggal 11 Juli 2019 menuju Madinah Arab Saudi pada pukul 03.05 Wita.

Baca Juga :   Jemaah haji Kloter 4 Banjarmasin Sudah Tiba di Banua

Terpisah, General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty menyampaikan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan pemberangkatan dan kebutuhan kloter pertama JCH Embarkasi Banjarmasin 2019 dengan matang, termasuk pemeriksaan barang JCH juga telah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Mamang diakui Indah, beberapa barang yang mengandung gas dan cairan dalam botol sperti sabun kecap dan odol yang melebihi kapasitas juga sempat ditemukan pihak bandara. Namun barang itu dapat diambil kembali oleh pihak keluarga atau JCH itu sendiri setelah menunaikan ibadah haji nantinya.

“Ya semoga tahun ini mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman, khusyuk dan kembali ke banua dengan selamat,” harapnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here