361 Peserta Ikuti Seleksi Atlet Fornas V Samarinda

19

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebanyak 361 atlet ikuti seleksi atlet Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Provinsi Kalimantan Selatan Menuju Fornas V di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (29/10/2019).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang membuka acara tersebut mengatakan, Formi merupakan olahraga yang sangat rekat dengan budaya lokal yang harus digelorakan, dan dikembangkan terus serta salahsatu olahraga yang menciptakan generasi sehat, berjiwa satria dan sportif dalam menjalani kehidupan.

“Kita akan terus kembangkan yang namanya olahraga tradisional seperti ini,” kata Gunernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini usai membuka Seleksi Atlet Forda Kalsel di Siring 0 Km Banjarmasin.

Disamping itu, Paman Birin juga meminta agar dalam seleksi Forda ini tidak ada unsur suka dan tidak suka. menurutnya organisasi olahraga hal yang dijunjung tinggi adalah sportif.

“Jangan olahraganya saja yang kita tuntut, tapi organisasinya juga harus bagus sesuai aturan, termasuk menyeleksi atletnya,” ucap Paman Birin.

Baca Juga :   Diperingati dengan Kegembiraan, Para Buruh Tetap Perjuangkan Haknya

Ia juga menuturkan, para atlet yang ikut dalam seleksi ini juga bukanlah orang yang sembarangan. Butuh latihan yang sangat maksimal sehingga dapat menjadi wakil fornas.

“Saya harap para atlet dapat menunjukkan keahlian dan kemahirannya dengan maksimal agar dapat membawa pulang gelar juara ke Banua,” katnya.

Sementara itu, menanggapi suka dan tidak suka yang disampaikan Paman Birin, Ketua Formi Kalsel Raden Roro Artuty Ramlan mengatakan, Formi Kalsel harus memberikan sportivitas yang benar-benar adil dan bijaksana menyikapi semua apa yang terjadi di lapangan.

“Kita mau menang atau kalah itu harus sudah kita terima apa adanya,” kata Roro.

Kontingen Kalsel yang disetiap Fornas terus meraih prestasi yang baik bahkan sampai menjadi juara umum, Roro menuturkan, target adalah mempertahankan juara umum dan tahun ini kontingen Kalsel harus lebih baik lagi.

Baca Juga :   Paman Birin Terpesona Keindahan Raja Lima Kalsel

“Sehingga bisa kembali meraih juara dan kembali mengharumkan Banua,” ucapnya.

Roro menyampaikan, peserta seleksi ini diikuti 9 kabupaten/kota dengan total jumlah 361 perserta terdiri dari atlet, official, dan pelatih dari 25 cabor.

“Hampir semua cabor yang diikuti, dari 28 cabor yang dilombakan, Kalsel ikuti 25 cabor, yang akan digelar pada 14-18 November 2019,” pungkas Roro.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here