42 Desa di Tanah Bumbu Bakal Gelar Pilkada Serentak

KabarKalimantan, Batulicin – Sebanyak 42 desa di 10 kecamatan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu bakal mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 19 September mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu Nahrul Fajeri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan tahapan-tahapan pilkades sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami sudah melakukan pembentukan panitia pilkades, panitia pengawasan pemilihan, dan panitia pemilihan tingkat desa,” katanya belum lama tadi.

Sementara itu, untuk masa kampanye bagi para calon kades, lanjut Nahrul Fajri, pihaknya memberikan waktu selama tiga hari, yakni sejak 11-13 September. Sedangkan masa tenang juga diberikan tiga hari sejak 16-18 September sekaligus pembersihan alat peraga kampanye (APK) calon kades.

“Kemudian, penghitungan suara langsung dilakukan pasca pemilihan. Setelah itu baru para pemenang akan ditetapkan menunggu surat keputusan bupati,” jelasnya.

Nahrul juga mengingatkan, semua calon kades yang ikut dalam pilkades agar tidak melakukan politik uang. “Apabila ada yang berbuat demikian, maka panitia pelaksana akan mendiskualifikasinya,” ucapnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here