44,1 Persen Penduduk Kalsel Menderita Hipertensi

16

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebanyak 44,1 persen warga dari total penduduk di Kalimantan Selatan menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Muslim mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pemicu seseorang terserang hipertensi, di antaranya pola makan yang tidak seimbang, merokok, mengkonsumi minum–minuman beralkohol, ditambah lagi dengan kurangnya mengkonsumsi sayur dan buah.

“Di mana dari hasil survei Riskesdas tahun 2018 menunjukkan, bahwa tingkat kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan di Kalsel mencapai 98 persen lebih,” kata Muslim usai jumpa pers di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Rabu (6/11/2019).

Ia menambahkan, meski secara nasional angka konsumsi tersebut juga rendah yakni 95 persen, namun tetap saja angka Kalimantan Selatan berada di atas rata-rata nasional.

Badan Kesehatan Dunia, WHO menyebut, peningkatan jumlah penderita penyakit hipertensi setiap tahunnya terjadi di seluruh dunia dan tidak hanya di Indonesia saja.

Baca Juga :   Paman Birin bersama Bupati/Walikota se-Kalsel Tinjau Pembangunan Bandara Syamsudin Noor 

Selain karena faktor genetik, hipertensi juga dapat dipicu dari perilaku gaya hidup serta pola makan tidak sehat, yakni mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi, stress, malas bergerak dan obesitas.

Disamping itu, lanjutnya, ditambah dengan saat ini semua serba dimudahkan oleh gaya hidup yang dipengaruhi tekhnologi sehingga aktivitas fisik tidak terlalu banyak.

“Untuk itu, harus ada perubahan pola dengan mendorong di kabupaten/kota memiliki lokasi untuk beraktivitas fisik seperti car free day dan memberi kesempatan orang-orang untuk beraktivitas fisik lebih. Bahkan di kantor-kantor diatur sistem transportasi untuk posisi tempat parkir memberi akses agar kita berjalan, untuk pengguna lift agar tidak menggunakan lift setiap saat, ada satu hari naik tangga,” pungkasnya.

Saat ini, di Kalsel penderita hipertensi tertinggi ada di kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan terendah terdapat di Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga :   Paman Birin : Alumni Jangan Lupakan Almamater Universitas

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here