5.000 Pelajar SMA Sederajat Ikut Menanam Padi di Lahan HPS

KabarKalimantan, Marabahan – Sebanyak 5.000 pelajar SMA dan SMK sederajat di Kalimantan Selatan dilibatkan untuk membantu menyukseskan pelaksanaan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Batola, Sabtu (22/9/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan M Yusuf Effendi mengatakan, sebanyak 5.000 pelajar yang diturukan untuk melakukan penanaman padi di lokasi HPS itu bukan hanya untuk menyukseskan hajatan akbar teresbut, namun juga akan dicatatkan pada Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, Kalsel adalah salah satu daerah lumbung padi nasional yang dikenal dengan nama ‘Kindai Limpuar’ dan terus berupaya mengajak seluruh lapisan untuk melakukan penanaman.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menuturkan, penanaman di lokasi HPS ini sudah menurunkan berbagai lapisan, mulai dari kepala SKPD Pemprov Kalsel, wartawan, perbankan, mahasiswa, dan bahkan pelajar SMA/SMK seperti kali ini.

Baca Juga :   Pemprov Kalsel Revisi Penyertaan Modal ke Meratus Jaya Iron Steel

“Hari ini, para Pelajar SMA/SMK Kalsel ikut membangunkan lahan tidur di Jejangkit ini, dengan mau belicak dan menanam,” kata Paman Birin.

Paman Birin mengakum salut kepada generasi muda yang ikut bepartisipasi dan peduli dengan kegiatan menanam ini. Ia menuturkan, Indonesia yang merupakan negara agraris sudah seharusnya menjadi primadona tanpa perlu lagi membeli beras keluar negeri.

“Hari ini, kami bangga adik-adik pelajar datang ke sini. mudah-mudahan dengan ini dapat menyentuh masyarakat kita untuk ikut berpartisipasi menggelorakan pembangunan pertanian di kalsel. Sehingga ketersediaan beras kita selalu ada,” ucap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga mengajak masyarakat lainnya khususnya para pemilik lahan agar lahan yang sudah mereka miliki tidak dibiarkan tidur.

“Bangunkan lahannya, mari kita garap bersama, biar Kalsel menjadi penghasil padi, sebagai penyandang pangan nasional dan kalau perlu penyandang pangan dunia,” pungkas pria kelahiran 12 November ini.

Baca Juga :   2017, Pemprov Kalsel Prediksi Angka Pengangguran Turun

Syahri Ramadhan/Syhabandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here