50 Pasangan Ikuti Nikah Massal

2494

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Kemenag, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar nikah massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (4/5/2019).

Ketua Baznas Kalsel, H P Gusti Rusdi Effendi AR mengatakan, pernikahan massal ini menikahkan 50 pasang pengantin dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel dan merupakan satu satunya yang pernah dilaksanakan di Kalsel.

“Alhamdulillah hari ini Baznas Kalsel menggandeng Kemenag Kalsel berhasil menikahkan secara massal, 50 pasangan untuk kami nikahkan secara resmi,” ucap Gusti Rusdi Effendi.

Ia menuturkan, ada 150 pasangan yang hendak mendaftarkan diri, namun dikarenakan kuota dari Baznas cuma 50 pasangan, maka diseleksi ketat, dan diprioritaskan pasangan yang belum pernah menikah sama sekali alias bujangan.

“Antusias nikah massal secara gratis ini cukup tinggi, ditambah seluruh biaya pernikahan ditanggung oleh Baznas dan para pasangan juga akan mendapat uang dengan nominal Rp 1 juta,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang menjadi saksi dalam pernikahan massal tersebut, menyambut baik kegiatan pernikahan massal. Menurutnya, pernikahan massal tersebut sangat membantu bagi pasangan keluarga kurang mampu dari sisi ekonomi.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengingatkan agar setiap pasangan suami istri hendaknya selalu berdiskusi untuk memutuskan sebuah rencana. “Karena dengan berdiskusi, akan menghasilkan keputusan terbaik dalam sebuah keluarga,” katanya.
Selain itu, Paman Birin menuturkan, keluarga adalah komunitas terakhir dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadikanlah keluarga sebagai basis mencetak sumber daya manusia dengan skil yang membanggakan.

“Karena itu, kita doakan semua pasangan akan selalu sakinah, mawadah dan warahmah,”  doa Paman Birin.

Paman Birin berharap, ke depan jumlah peserta nikah massal hendaknya ditingkatkan dua kali lipat dengan menambah kuotanya. “Tahun depan jumlah peserta nikah massal kita tingkatkan dua kali lipat. Kami siap mendukung sesuai kemampuan yang ada,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here