52 PPL Tingkat Kelurahan di Banjarmasin Dilantik

KabarKalimantan, Banjarmasin – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Banjarmasin melantik Pengawas Pemilih Lapangan (PPL) tingkat kelurahan, Rabu (11/4/2018) di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Kalsel.

Ketua Panwaslu Banjarmasin Muhammad Yasar menjelaskan, sebanyak 52 PPL kelurahan yang dilantik tersebut direkrut sejak satu bulan yang lalu. “Rata-rata untuk satu kelurahan ditetapkan satu orang PPL,” ujarnya.

Yasar mengaku sempat kesulitan untuk melakukan perekrutan. Sebab, menurutnya sempat tidak ada yang bersedia. Beruntung menjelang akhir pendaftaran, yang dicari pun terpenuhi.

“Di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Utara, kami sempat jemput bola. Mengetuk dari pintu ke pintu untuk mencari PPL,” katanya.

Terkait tugas PPL sendiri, Yasar menjelaskan, mereka akan membantu puhak KPUD Banjarmasin untuk pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat kelurahan hingga 17 Mei 2018.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan mengatakan, PPL harus menjaga jarak dengan para pengurus atau petinggi partai politik yang menjadi kontestan Pemilu 2019. Ini bertujuan untuk menunjukkan integritas pengawas pemilu sendiri.

Baca Juga :   Ade Eddy Adhyaksa, Kajati Kalsel Anyar yang Siap Bertugas

“Berteman boleh, tapi terkait tugasnya sebagai pengawas pemilu juga mesti dijalankan. Sekadarnya saja,” ujar Iwan.

M ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here