Rab. Agu 12th, 2020

64 Damkar Swasta Ikuti Lomba Ketangkasan BPK

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Relawan pemadam kebakaran (Damkar) swasta di Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Banjarmasin kembali menggelar event tahunan lomba ketangkasan BPK/PMK se-Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang diikuti 64 regu damkar swasta dimana setiap regunya terdiri dari 10 orang tersebut masih dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-492 sekaligus ajang unjuk kemampuan, keterampilan dan kekompakan antar petugas.

Lomba yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Kayu Tangi, Banjarmasin Utara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Minggu (14/10/2018).

Dalam sambutannya, Hermansyah mengakui event ini juga momentum meningkatkan silaturahmi antar para damkar swasta yang jumlahnya mencapai ratusan di Banjarmasin.

“Para pemadam swasta ini pekerjaan sosial, kalau ada kebakaran mereka cepat tanggap. Nah, untuk menjalin kebersamaan dalam melaksanakan tugas, perlu ada pemberian semangat dan motivasi untuk para relawan yang bekerja tanpa pamrih ini dari pemko,” ucapnya.

Baca Juga :   SDIT Al Izzah Kotabaru Salurkan Bantuan kepada Korban Kebakaran

Menurut Herman, musibah kebakaran yang terjadi di Banjarmasin akhir-akhir ini makin sering dan mengindikasikan Banjarmasin merupakan daerah rentan kebakaran.  Selain faktor cuaca, ada pula faktor kelalaian manusia. Untuk itu dirinya menghimbau seluruh pihak bisa mencegah bahaya kebakaran lebih dini .

“Untuk penanggulangan kita sudah hebat, ada api pemadam cepat datang. Tapi antisipasi yang perlu kita tingkatkan, jangan cuman penanggulangan saat kebakaran. Tahun depan kita coba kerjasama dengan PLN, mengganti instalasi listrik rumah warga yang sudah tua/lama, karena paling banyak sumber api dari korsleting listrik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Banjarmasin, Hermansyah menambahkan, event yang digelar tahunan ini merupakan apresiasi keberadaan damkar swasta di Banjarmasin yang jumlahnya ratusan. Tentunya keberadaannya sangat membantu pemko saat terjadi kebakaran.

“Banjarmasin paling rawan bencana kebakaran, dulu bisa 4-5 kebakaran. Dengan adanya damkar swasta di tiap pelosok daerah, penanganan lebih cepat, sebelum membesar api sudah padam. Penanganannya juga perlu peralatan kebakaran yang andal dan ketangkasan agar bisa mengatasi dan memadamkan dengan efektif dan efisien,” ujarnya.

Baca Juga :   300 Kios di Pasar Kemakmuran Ludes Terbakar

M Syahbani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.