Sel. Jun 2nd, 2020

70 Warga Tanbu yang Dikarantina Dilakukan Swab Test

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan swab test kepada  70 orang yang menjalani karantina mandiri di rumah dan di beberapa hotel yang disediakan pemerintah daerah setempat.

Swab test yang dilaksanakan di Hotel Medina, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir tersebut dilaksanakan Senin (18/5/2020) sejak pukul 09.00 Wita.

Kepala Dinas Kesehatan Tanbu H Setia Budi mengatakan, metode pemeriksaan swab test ini dilakukan sebagai langkah tanggap untuk menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Bersujud.

“Apabila hasil swab test ini menunjukan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Maka, akan langsung kami rujuk ke rumah sakit penanganan pasien corona di Banjarmasin,” ujarnya.

Menanggapi meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanah Bumbu, Setia Budi menilai, penambahannya didominasi kasus transmisi lokal dan cluster Goa.

“Selain itu, sebagian masyarakat juga masih melalaikan anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, seperti tak menggunakan masker saat keluar rumah, tidak aktif mencuci tangan dengan sabun, di pasar masih ramai berdesak-desakan, dan tak menjaga jarak,” katanya.

Menurutnya, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanbu akan terus meningkat apabila masyarakat masih abai terhadap anjuran yang diimbaukan pemerintah.

Rencananya, besok Tim Gugus Tugas Covid-19 akan melaksanakan rapid test massal di Kecamatan Kecamatan Satui, Angsana, Sungai Loban dan Kecamatan Kusan Hilir.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.