Acil Odah Ingatkan Pentingnya Interaksi dalam Kehidupan Berkeluarga

2005

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua TP-PKK Kalsel Hj Raudhatul Jannah mengajak mahasiswa dan mahasiswi di Universitas Lambung Mangkurat untuk terus berinteraksi dan jalin komunikasi bersama keluarga.

Hal tersebut diungkapkan istri Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor ini dalam Dialog Road to Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXXVI, di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Senin (29/4/2019).

Isteri Gubernur Kalsel yang akrab disapa Acil Odah ini mengatakan, kehidupan berkeluarga keluarga sangat menentukan kualitas bangsa. “Maka dari itu,  di dalam keluarga harus ada interaksi yang intens antar orangtua dan anak,” katanya.

Ia menambahkan, selain adanya interaksi, juga sangat diperlukan sikap menjunjung tinggi norma-norma kejujuran. Untuk itu, ia mengajak para mahasiswa/mahasiswi yang saat ini masih sebagai anak dan nanti akan menjadi orangtua ketika berkeluarga agar dapat memulainya dengan makan dan duduk bersama keluarga.

Baca Juga :   Paman Birin Hadiri Halal Bi Halal Pakuwojo

“Walaupun ada keterbatasan waktu karena sibuk atau lain sebagainya, harus menyempatkan diri untuk berkumpul walau hanya di meja makan,” ucapnya.

Ia menceritakan, kalau di dalam keluarganya, untuk menjaga interaksi tersebut, ia selalu mengajarkan agar anak-anaknya tidak sungkan menyampaikan rasa sayang.

“Menunujukan rasa kasih sayang itu sangat mudah. Contohnya, kalau mau pergi salaman, cium tangan dan diakhiri dengan kecupan sayang,” kata Acil Odah.

Tak hanya itu, ia juga mengajarkan anak-anaknya sesudah sholat magrib agar mengaji dan belajar. Menurutnya, semua itu dapat dilakukan karena sudah menjadi komitmen mereka saat ingin memulai membangun rumah tangga, dan itu semua ia peroleh dari apa yang diajarkan oleh orangtuanya.

“Seperti apapun kondisi orangtua kita, kita harus tetap menjunjung tinggi orangtua dan tetaplah santun serta lakukan komunikasi kepada orangtua,” katanya.

Untuk itu, dirinya mengajak para mahasiswa dan mahasiswi agar sesudah pulang dari kegiatan tersebut untuk lebih menjalin interaksi kepada keluarga. “Sesudah pulang dari sini, kalian harus mengucapkan “ulun sayang wan pian” ke orangtua,” pintanya.

Baca Juga :   Memberdayakan Masyarakat melalui Program Padat Karya Tunai

Sementara itu, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN, Muhammad Yani mengatakan, sosok dari Paman Birin dan Acil Odah ini dapat menjadi contoh dalam keluarga.

Karena menurutnya, walau di tengah kesibukan sebagai gubernur dan sang Isteri selalu menyempatkan ada untuk anak-anak. “Apalagi yang ada di sini akan menjadi keluarga millenial yang punya peran masing-masing sebagai ayah dan ibu. Untuk itu, sesibuk apapun kita, berikanlah waktu kepada keluarga,” pungkas Yani.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here