Ming. Jan 24th, 2021

Ada Pameran Lukisan di Kampung Buku Banjarmasin

1 min read
Ada Pameran Lukisan di Kampung Buku Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Akan ada pemandangan berbeda di Kampung Buku, Jalan Sultan Adam Banjarmasin sejak Sabtu (24/10/2020) nanti. Hajriansyah, salah satu pendiri tempat kumpul pegiat literasi tersebut akan menggelar pameran lukisan tunggal.

Selain penulis, sastrawan dan akademisi, Hajriansyah memang juga seorang pelukis. Selain itu, pribadinya juga tidak jauh dari dunia spiritual. Makanya, tema yang diambil dalam pameran lukisan tunggal karyanya itu diberi judul SULUK: Journey to Indepth Memory.

Kurang lebih ada 15 karya lukis yang nanti akan dipajang di Kampung Buku sampai 8 November 2020. Gaya lukisan Hajriansyah yang bercorak ekspresionisme mungkin akan mengajak kita bertamasya pada sensasi-sensasi tertentu, sesuai latar belakangnya itu.

Seperti diterangkan Hajriansyah, suluk adalah sebuah perjalanan batin atau rohani. Subyeknya biasa disebut salik. Istilah ini biasa dipakai dalam perbingan spiritual atau mistik Islam. “Saya sendiri memasuki dunia semacam ini kurang lebih 10 tahun yang lalu, melalui seorang syekh tarekat,” kata Hajri.

Soal keinginan pameran tunggal, Hajri mengaku, itu muncul sejak tiga tahun yang lalu. Dari situ, ia mulai perlahan Menyusun Kembali kenangan-kenangan yang pernah menghampiri benak terdalamnya. Ketika ditanya soal apa makna dan peristiwa apa yang melatarbelakangi lukisan-lukisannya, Hajri tak mampu mengingat lebih jauh.

“Yang jelas, setiap lukisan lahir dari suatu problem tertentu. Kenangan yang tak mampu dijelaskan karena tumpukan memori bawah sadar yang begitu tebal beberapa tahun terakhir ini,” ucapnya.

Pembukaan SULUK: Journey of Indepth Memory dilaksanakan pada Sabtu (24/10/2020) malam. Pameran dibuka setiap hari dari sore hingga malam.

 

Reporter : M Ali Nafiah Noor

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggung jawab : M Ridha 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.