Adanya Kesetaraan Gender, Kaum Perempuan Harus Balancing

1380

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan H Abdul Haris Makkie ingatkan kaum wanita agar jangan melupakan kodratnya sebagai sebagai ibu rumah tangga.

 

Hal tersebut diungkapkan Abdul Haris dalam Puncak Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (20/4/2019).

 

Haris mengatakan, melalui puncak peringatan Hari Kartini ini dapat dimaknai sebagai sebuah upaya atau rasa penghormatan kaum wanita atar warisan yang diberikan oleh RA Kartini kepada kaum perempuan dimasa saat ini.

 

“Apa yang diwariskan adalah bagaimana perjuangannya untuk emansipasi wanita atau istilah sekarang ini ialah kesetaraan gender,” kata Haris.

 

Ia menuturkan, kesetaraan gender tersebut harus dimaknai dalam konteks yang sesuai proporsional antar kaum laki-laki dengan perempuan.

 

“Yang dalam konteks kesetaraan gender tentu tidak bisa sama atau sebangun antar laki-laki dan perempuan, tentu ada persoalan-persoalan yang tidak dapat dikerjakan atau diselesaikan oleh perempuan dan harus peran laki-laki,” ucapnya.

Baca Juga :   2019, Tiga Jembatan di Sungai Lulut Dibenahi

 

Selain itu, menurutnya, saat ini banyak kaum perempuan yang sukses berkarir di dunia politik, pemerintahan atau sektor swasta yang tentu menjadi kebanggaan semua.

 

Haris berharap kaum perempuan tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita, ibu rumah tangga, dan isteri dari suaminya, tentu harus mampu melakukan balancing antar membina karir dan membina rumah tangga.

 

“Ada porsi-porsinya yang harus diserahkan kepada perempuan dan mana yang menjadi peran laki-laki. Jadi, ada kebersamaan antar laki-laki dan perempuan,” pungkas Haris.

 

Ke depan, Ia juga berharap peringatan Hari Kartini dapat dimaknai tak hanya sebatas seremoni belaka, namun benar-benar dijadikan momentum untuk melanjutkan perjuangan agar tidak ada lagi kaum perempuan yang tertindas dan mengalami kekerasan.

 

Reporter : Syahri Ramadhan

Redaktur : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : Muhammad Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here