AGSI Tanamkan Peduli Lingkungan pada Anak Sejak Dini

238

BANJARMASIN, KK- Dalam rangka memperingati hari bumi 2017, Adiwiyata Green School Indonesia (AGSI) Banjarmasin menggelar kegiatan lomba dan workshop berbasis lingkungan yang diselanggarakan di SMAN 5 Banjarmasin, Sabtu (22/4/2017).
Ketua pelaksana kegiatan Miswiati mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali digelar di Banjarmasin tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan kepada anak sejak dini.
Mengingat, saat ini banyak pencemaran pencemaran maupun perusakan lingkungan yang terjadi. sehingga penanaman rasa kepedulian lingkungan sejak usia dini sudah sepetutnya dilakukan, agar genarasi muda tahu betapa pentingnya menjaga lingkungan.
“Tujuan dari kegian ini, kita ingin mendedikasikan terhadap pelajar agar menyalamatakan bumi sejak dini. Dan Kita ingin membentuk menset mereka mencintai dan perduli lingkungan,” jelas guru SMAN 5 Banjarmasin itu.
Ia menambahkan, kegiatan lomba dan workshop berbasisi peduli lingkungan diikuti 268 peserta dari tingkat SD, dan 69 untuk sekolah TK dan PAUD.
Hanya saja, untuk tingkat SD dibatasi dalam keikut sertaan. Peserta yang dilibatkan untuk menkadi peserta hanya dari kelas I sampai III saja.
“Lomba mwaranai untuk TK. Kalau SD mewarnai dan menulis pesan lingkungan,” ucapnya.
Ia menambahkan, AGSI merupakan gabungan dari dua program, yaitu Adiwiyata yang merupakan program dari Kementerian Lingkungan hidup (KLH) serta Green School Indonesia yang merupakan program dari UNESCO.
Kedua program itu memang sengaja digabung, sebab ia berpendapat Adiwiata maupun Green School Indonesia memiliki visi misi yang sama, untuk menumbuhkan rasa kepedulian lingkungan kepada anak. Sehingga mereka berinisiatif mengabung kedua program tersebut.
Sementara dipilihnya SMAN 5 Banjarmasin sebagai tempat lomba dan workshop, sebab SMAN 5 memiliki fasilitas yang memadai utuk melakukan kegiatan.
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Mukhyar yang berkesempatan hadir, memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.
Ia berharap, penanaman kepedulian lingkungan sejak dini terhadap anak bisa dilakukan setiap saat. Tidak hanya di moment hari besar seperti hari bumi saja.
Agar, mindset itu bisa melekat erat terhadap anak sebagai generasi muda penerus bangsa.
“Pemkot Banjarmasjn sangat mendukung acara semacam ini. Dan berharap tidak hanya padah hari tertentu saja. akan tetapi, bisa dilakukan kapan saja,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut, DLH Juga memberikan sepuluh buah tempat sampah kepada panitia sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan tersebut.
“Sesuai permintaan panitia, kita juga memberikan 10 unit bak sampah kepada mereka,” ucapnya. bur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here