Akbid Bunga Kalimantan Gelar Seminar Dirangkai Bakti Sosial

601

KabarKalimantan, Banjarmasin – Yayasan Pendidikan Akademi Kebidanan Bunga Kalimantan, Banjarmasin menggelar seminar dengan mengusung tema ‘Generasi Muda Peduli Kesehatan Reproduksi’ dan ‘Importance of Vision’, Selasa (27/3).

Berbeda dari seminar pendidikan yang biasanya dilakukan, kali ini kegiatan yang dilaksanakan terpusat di Gedung Klinik Bunga Kalimantan di Jalan H Hasan Basry, Kayutangi itu dirangkai pula dengan bermacam bakti sosial, seperti cek kesehatan, cek gula darah, cek kolesterol dan suntik KB yang semuanya tak dipungut bayaran alias gratis serta bazar murah yang menjual aneka makanan ringan dan sembako.

Ketua Yayasan Akbid Bunga Kalimantan Banjarmasin, Drs H Rusdiansyah M Sc MM mengatakan, kegiatan seminar tersebut memang agenda rutin yang dilaksanakan dua minggu sekalu. “Seminar ini merupakan kuliah tambahan bagi mahasiswa di luar kuliah formal. Karena, kami memiliki kewajiban untuk melakukan pengawasan terhadap anak didik kami. Dengan seminar ini, minamal mereka bisa menambah wawasan pengetahuan,” katanya.

Baca Juga :   Perjanjian BPJS dan Rumah Sakit Perlu Direvisi

Sementara itu, lanjut Rudiansyah, bakti sosial yang digelar kali ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga bulan sekali yakni pengabdian masyarakat. Bedanya, kali ini bakti sosial yang dilakukan bekerjasama dengan pihak PMI Banjarmasin dan jajaran Kodim 1007 Banjarmasin. “Mudah-mudahan, sekecil dan sesederhana kegiatan bakti sosial yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Disinggung mengenai tema ‘Generasi Muda Peduli Kesehatan Reproduksi’ yang diusung dalam seminar ini, Rusdiansyah mengaku sengaja mengangkat tema itu karena miris melihat pergaulan bebas di zaman sekarang yang bukan suatu rahasia umum lagi.

“Nah, makanya dalam seminar ini kami juga mengundang para remaja putri dari berbagai sekolah menengah atas sederajat serta beberapa sekolah kesehatan yang ada di Banjarmasin. Dengan tujuan, memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kehormatan sebagai wanita serta menghindarkan risiko yang ditimbulkan akibat pergaulan bebas tersebut,” terangnya.

Baca Juga :   Nasib Meriam Tatas yang Belum Tuntas

Pada kesempatan itu, Yayasan Akbid Bunga Kalimantan juga melaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dalam hal kerjasama kegiatan sosial dengan Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1007 Banjarmasin. Penandatangan perjanjian kerjasama itu dilakukan oleh Direktur Yayasan Akbid Bunga Kalimantan Sixtia Kusumawati S SIT MM dan Ketua Persit Chandra Kirana Kodim 1007 Banjarmasin Dory Ariana Rusmara SIP.

Ketua Persit Chandra Kirana Kodim 1007 Banjarmasin Dory Ariana Rusmara sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Akbid Bunga Kalimantan itu. Menurutnya, apa kegiatan tersebut sangat bernilai positif dan bermanfaat. “Pertama, saya mengucapkan terimakasih banyak telah diundang dalam acara ini. Mudah-mudahan, kerjasama sosial ini yang baru saja kami lakukan ini dapat berkesinambungan untuk dapat sama-sama membantu masyarakat,” ucapnya.
M ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here