Sen. Mar 30th, 2020

Aksi Bagi Bunga #savepulaulaut

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Aksi penolakan aktivitas tambang di Kabupaten Kotabaru terus disuarakan. Warga melakukan berbagai aksi sebagai ekspresi penolakan tambang.

Salah satu aksi yang dilakukan ialah kegiatan simpatik bagi bunga bertuliskan #savepulaulaut kepada pengendara di jalan raya, Kamis (3/5).

Maya salah satu peserta aksi yang ditemui di Kawasan Jl Brigjend H Hasan Basry menuturkan, bagi bunga dilaksanakan di beberapa titik jalan di Banjarmasin yakni, Jl Lambung Mangkurat, Belitung, Jl Sudirman, Jembatan Merdeka. “Selain itu ada juga kawan-kawan yang melakukan aksi di wilayah Banjarbaru,” tegasnya.

Ia mengaku mengikuti aksi dengan sukarela karena merasa terpanggil untuk ikut menjaga alam Banua. “Ini bentuk dukungan kita terhadap kebijakan Pak Gubernur Kalsel yang sangat mulia, yakni menolak aktivitas tambang di Kotabaru,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, aksi bagi bunga juga merupakan bentuk dukungan moril terhadap Pemprov Kalsel yang tengah menghadapi sidang gugatan di PTUN Banjarmasin terkait tiga SK Gubernur Kalsel yang mencabut izin usaha pertambangan operasi produksi (IUP OP) batu bara di Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru. “SK Pak Gubernur itu bertujuan menyelamatkan masyarakat Kotabaru khususnya dan Kalsel secara umum. Jadi, kami merasa terpanggil mendukungnya. Mudah-mudahan aspirasi yang kami sampaikan ini menjadi salah satu pertimbangan dalam keputusan sidang nanti,” katanya.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban Mengalami Kenaikan

Aksi bagi bunga dilaksanakan mulai pukul 07.00-09.00 WITA. Namun, setelah usai pembagian bunga tak semua peserta bubar. Sebagian memilih ke depan Kantor PTUN Kalsel bergabung dengan sejumlah massa yang juga menyuarakan dukungan terhadap penolakan tambang di Pulau Laut.
M SYAHBANI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.