Aksi Sosial Seniman di Kampung Buku

KabarKalimamtan, Banjarmasin – Ketika seniman Banjarmasin tunjukkan kepeduliannya. Ada kebakaran, garap sedikit teater dadakan, pentaskan untuk amal.

Kebakaran acap melanda Kota Banjarmasin. Seperti baru-baru tadi, sedikitnya 30 rumah warga Alalak Selatan dilalap si jago merah.

Tak berselang lama, sejumlah seniman muda yang tergabung dalam Komplek Taman Karya (Kompak) langsung turun tangan. Menyalurkan kepedulian masyarakat untuk para korban kebakaran.

Di Kampung Buku Jalan Sultan Adam Banjarmasin pada Jum’at (23/8/2019) malam, pentas mini pun diselenggarakan. Ada lima aktor, tiga laki-laki, dua perempuan.

Yang laki-laki cuma pakai celana kolor. Sarung dililit ke kepala, wajah pun tak tampak. Sementara kaum hawa, wajahnya dibungkus kerudung merah. Baju kaos hitam dan bawahan pakai sarung.

Mula-mula mereka berlaku layaknya manusia beraktifitas sehari-hari. Menyapu dan lain sebagainya. Tiba-tiba bunyi sirine pemadam kebakaran memecah suasana. Mereka panik.

Baca Juga :   Paman Birin Sebut Komisi Penyiaran Indonesia Semakin Berkualitas

Ada pesan dari puisi yang dibacakan salah satu aktor perempuan. Intinya, semua harus saling peduli.

Pentas tak berselang lama. Kurang lebih cuma 15 menit. Setelah itu, kardus dikelilingkan pada pengunjung Kampung Buku. Ada duit, boleh sumbangkan untuk para korban kebakaran.

Di samping itu, ada beberapa orang lagi tengah mengumpulkan bungkusan dan kardus penuh. Isinya pakaian bekas layak pakai.

Oleh mereka, Kampung Buku jadi titik koordinat pengumpulan bantuan. Nanti disampaikan pada korban.

Aksi tersebut dikomando Sutradara Kompak, M Furqon. Ia mengatakan, Senin (27/8/2019) malam nanti akan ada lagi aksi serupa.

“Ada beberapa seniman dan komunitas yang ingin gabung,” katanya.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Editor : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here