Al-Faruq dan Al-Mujahidah Sabet Jaura I Gebyar Maulid Habsy

107

KabarKalimantan, Banjarmasin – Grup maulid putra Al-Faruq dan grup maulid putri Al-Mujahidah menjadi juara terbaik gebyar maulid tingkat Kota Banjarmasin yang digelar di lapangan Basket, Siring Bekantan Banjarmasin, Senin (12/3/2018) malam.

Acara yang digelar oleh Organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Baitul Muslimin ini berjalan dengan sukses. Grup maulid putra Al-Faruq dari Pakapuran Raya, Banjarmasin Timur dan grup maulid putri Al-Mujahidah dari Teluk Tiram, Banjarmasin Barat tersebut berhasil memuncaki nilai dari 22 grup maulid habsyi yang ikut serta.

Ketua DPC PDI-P Banjarmasin Suprayogi mengungkapkan, kedua juara maulid habsy ini akan mewakili Banjarmasin pada ajang gebyar maulid tingkat provinsi yang diselenggarakan DPD PDIP Provinsi Kalsel di Hulu Sungai Selatan (HSS) April mendatang.

“Kami ucapkan selamat atas keberhasilan kedua grup maulid habsy ini, dan pastinya mereka akan mewakili Banjarmasin di HSS bulan April nanti, targetnya menjadi juara umum tingkat provinsi,” ujar Suprayogi kepada wartawan Kabar Kalimantan.

Ia mengatakan, acara serupa akan dilaksanakan rutin tiap tahunnya, sebagai upaya melestarikan budaya kesenian yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Seribu Sungai ini. “Kami akan laksanakan rutin tiap tahun, dan akan lebih meriah lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Gebyar Maulid DPC PDIP Kota Banjarmasin Fathurrahman mengatakan, persaingan ketat antar grup maulid habsy ini membuat pihaknya harus teliti untuk menentukan pemenang. Sebab menurutnya nilai antar grup tidak jauh berbeda.

“Kami menilai mulai dari vokal, irama musik dan kostum peserta. Nilainya hanya berbeda tipis antara juara 1, 2 dan 3,” katanya.

Adapun penetapan juara putra pada gebyar maulid tingkat Kota Banjarmasin adalah grup Al-Faruq dengan nilai 1.189, kedua Insanul Kamil dari Alalak Selatan, Banjarmasin Utara dengan nilai 1.181 dan ketiga Irhamna dari Teluk Tiram, Banjarmasin Barat dengan nilai 1.180.

Sedangkan grup maulid putri yang juara pertama yaitu Al-Mujahidin dengan nilai 1.188, juara dua grup Aulia Ar-Rahim dari Komplek Grilya, Banjarmasin Timur dengan nilai 1.185 dan ketiga grup Tarbiatul Islamiah dari Alalak Tengah, Banjarmasin Utara dengan nilai 1.174.[]

SMARA AQDIMUL AZMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here