Alkes RS Sultan Suriansyah Dalam Tahap Pemesanan

972

KabarKalimantan, Banjarmasin – Komisi IV DPRD Banjarmasin memantau langsung proses pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji dan persiapan ketersedian alat kesehatan (Alkes) serta fasilitas pendukung di RS Sultan Suriansyah Banjarmasin, Selasa (18/6/2019).

Wakil Ketua Komisi IV Zainal Hakim dalam kunjungan lapangan itu mengatakan, selain melihat pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji di RS ini, pihaknya juga memantu langsung sejauh mana kesiapan operasional RS Sultan Suriansyah yang rencananya akan segera di launching pada bulan September 2019 mendatang.

“Alhamdulillah, saat ini sudah ada kegiatan di RS ini, yaitu pemeriksaan kesehatan calon jemah haji. Semoga kegiatan di RS ini tetap berjalan sampai launching September nanti,” ucapnya kepada wartawan.

Memang diakui Zainal Hakim, saat ini kesiapan beberapa fasilitas pendukung seperti alat kesehatan belum sepenuhnya tersedia. Beberapa ruangan pun masih belum dialiri pendingin ruangan. Namun alat kesehatan itu sudah dalam tahap proses pembelian melalui e-katalog oleh pihak terkait.

Baca Juga :   Sengketa Lahan Belum Tuntas, DPRD Kotabaru Datangi DPRD Kalsel

“Penyediaan alkesnya sudah di proses dan dalam tahap pembelian. Insya Allah estimasinya September ini semua dapat terpenuhi,” ungkapnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berjanji, pihaknya akan terus mengawal hingga RS ini beroperasi dan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi warga di Kota Banjarmasin. “Jadi nantinya pelayanan perlu ditingkatkan, sehingga Banjarmasin mempunyai RS yang memiliki pelayanan yang prima,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut RS Sultan Suriansyah, Sukutjo Hartono membenarkan, pembelian alkes berupa peralatan medis dan non medis serta fasilitas pendukung lainnya saat ini dalam tahap pembelian. Sebagian besar telah dipesan melalui e-katalog dan tinggal menunggu proses pengiriman melalui jalur laut, termasuk perizinan lainnya.

“Kemungkinan seperti alat rontgen yang besar-besar itu kan pemesanannya dari luar negeri dan harus lewat kapal, jadi itu agak lambat. Kalau tahapannya prosesnya sudah 80 persen. Insya Allah 24 September, RS ini sudah di launching,” jelasnya.

Baca Juga :   Ribuan Surat Aduan Masuk Ke DPRD Banjarmasin

Sedangkan pelayanan yang lebih difokuskan RS Sultan Suriansyah kedepan menjelang launching, lanjutnya, pihaknya terlebih dulu mengutamakan beberapa pelayanan. Diantaranya berupa pelayanan bedah, penyakit dalam dan anak.

“Itu yang kami utamakan, tapi fasilitas lain seperti THT, jiwa dan mata juga akan segera trsedia,” jealsnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here