Jum. Okt 23rd, 2020

Ambruknya Rangka Jembatan HKSN Diduga Akibat Human Error, Dewan Banjarmasin Katakan Ini

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Rangka proyek pembangunan Jembatan HKSN I di Kelurahan Kuin Cerucukl Banjarmasin Utara tiba-tiba ambruk, Kamis (24/9/2020).

Robohnya jembatan dekat makam Sultan Suriansyah, Banjarmasin Utara milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin senilai Rp 37,1 miliar yang berasal dari APBD Banjarmasin tahun anggaran 2020 mengakibatkan beberapa pekerja proyek terluka.

Ahli Utama Jembatan Asosiasi Ikatan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO) Hasan Husaini mengatakan, robohnya susunan besi penulangan tulang pile cap pilar I karena susunan penulangan belum seluruhnya diikiat dengan kawat bandrat dan masih dalam tahap penyetelan.

Hal ini pun menurutnya murni merupakan kelalaian pekerja. “Belum dirakit sempurna. Ini hanya kelalaian pekerja. Human error saja,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Banajrmasin M Isnaini mempertanyakan perihal ambruknya rangka proyek jembatan yang bertepatan dengan Harjad Banjarmasin ke-494 Tahun ini.

“Bagaimana kajian akedemis dan teknisnya sampai-sampai kerangkanya saja runtuh,” ucap Isnaini di sela peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-494 Banjarmasin di DPRD Banjarmasin.

Ia juga beranggapan, insiden tersebut terjadi karena keteledoran kontraktor atau kurang optimalnya pengawasan. “Saya mempertanyakan bahan yang dipakai, jangan-jangan tidak sesuai,” sebutnya.

Menurutnya, kejadian yang memakan korban luka-luka tersebut sesuatu tidak pernah terjadi. Jangan sampai ingatnya, ini jadi presenden buruk. “PUPR harus segera meninjau ke lapangan,” ucapnya.

Politikus Gerindra ini pun meminta, pihak berwajib mengusut insiden ambruknya kerangka jembatan HKSN tersebut. “Jika ada penyebab unsur pidana, secara cepat diusut,” katanya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.