Ananda Pastikan Semua Raperda Selesai 2018

274

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua DPRD Kota Banjarmasin Hj Ananda memastikan, semua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang sudah dibahas pada tahun 2018 dapat segera diselesaikan.

Menurut Ananda, Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2018 hanya tinggal satu Raperda yang belum difinalisasi. Hingga akhir tahun 2018, dipastikan pembahasannya akan rampung sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Raperda tentang Petribusi Barang Milik Daerah saja yang belum,” kata Ananda di DPRD Banjarmasin, Kamis (8/11).

Bahkan, kata Ananda, rencananya Jumat (9/11) akan ada dua Raperda yang disahkan menjadi Perda pada rapat paripurna. Salah satunya, Raperda revisi Perda nomnor 5 tahun 2016 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Daerah (RPJMD) 2016-2021.

Memang, lanjut Ananda, total Prolegda tahun 2018 berjumlah 20 Raperda. Namun yang dapat diselesaikan tahun ini hanya ada 13 saja. Sedangkan sisanya akan dimasukkan dalam Prolegda tahun 2019 nantinya.

Baca Juga :   Matnor Ali : Pembangunan Wilayah Perkotaan Harus Terencana dengan Baik

Dari 7 Raperda inisiatif dewan dan Pemkot yang belum itu, menurutnya, jika dikerjakan akan terkendala waktu dan perlu persiapan yang matang untuk pembahasannya. “Kalau ini dikerjakan tentu akan memakan waktu yang lama, makanya awal tahun 2019, itu akan kami prioritaskan,” jelas politikus Partai Golkar ini.

Sementara itu, Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapaperda) DPRD Kota Banjarmasin M Yamin membenarkan, bahwa target Prolegda tahun 2018 ini, semuanya memang tidak dapat direalisasikan.

Sebab, kata M Yamin, ada pertimbangan masalah waktu. Maka sekitar tujuh Raperda yang belum dikerjakan tersebut, kelanjutannya dibahas pada awal tahun 2019.

“Dari aturan, pembahasan Raperda wajib diselesaikan akhir tahun penggunaan anggaran. Yaitu bulan Desember. Kalau tidak, maka akan ada sanksi, bahkan wajib mengembalikan anggarannya,” ucap politisi Gerindra tersebut.

Smara Aqdimul Azmi

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here