Aneh, Al-Qur’an Selamat dari Kobaran Api

1863

KabarKalimantan, Banjarmasin – Musibah kebakaran yang melumat MAN 1 Barabai pada pukul 03.00 wita, Selasa (11/7/2017), menyisakan cerita heboh di tengah amuk si jago merah. Netizen alias pengguna media sosial terkejut melihat beredarnya foto-foto kita suci Al-Qur’an yang tetap utuh di sekitar puing sisa kebakaran.

Peristiwa itu sejatinya nyaris menghanguskan semua sisi bangunan madrasah. Foto-foto Al-Quran yang kebal api itu diunggah oleh seorang netizen bernama Yuni Rusmini. Ia takjub atas peristiwa langka itu karena kebakaran hebat tak kuasa melumat kitab suci umat Islam.

“Semua hangus terbakar, namun ada yang tersisa di balik reruntuhan bangunan yangg hangus terbakar dalamm musibah ini,…yaitu kitab suci Al-Qur’an. Yg msh tersisa tdk ikut terbakar. Bahkan ada Kitab Al Qur’an hasil tulisan tangan Siswa , Yg ttp utuh,” Yuni Rusmini menulis di dinding akun Facebooknya yang dikutip oleh KabarKalimantan, Rabu (12/7/2017).

Seorang Guru di MAN 1 Barabai, Dayat Amirul Adly, membenarkan foto – foto viral yang diunggah oleh Yuni Rusmini.

“Saat di TKP, saya mencoba mencari barang yang bisa diselamatkan, dan mendapatkan dua Al Quran di samping pintu kelas X MIA 2 yang ruangannya ikut terbakar,” ucap Dayat.

Selain Al-Quran, kata Dayat, yang tidak ikut terbakar ada catatan Al- Qur’an yang ditulis oleh siswa. Catatan tersebut juga tidak hangus, hanya bagian pinggirnya yang terbakar.

“Cetakan Al-Qur’an cuma sampingnya saja yang terbakar. Jadi saat menemukan (Al-Qur’an), saya suruh anak-anak untuk mengamankan Alquran tersebut,” ujar dia.

Petugas Barisan Pemadam Kebakaran​ Rahmat Barabai, Joko, mengkonfirmasi kebenaran foto-foto Al-Qur’an yang utuh di tengah kebakaran MAN 1 Barabai. Dia memastikan foto-foto yang beredar di Facebook itu tanpa editan fotografi.

“Sekitar satu jam api bisa dipadamkan.Kalau Al-Qur’an yang ada itu lokasinya di tengah-tengah bangunan. Cuma kita wallahualam itu, Al-Qur’an nya enggak kebakar, cuma pinggiran Alqurannya aja yang kebakar, mungkin mukjizat,” ucap Joko.

Tapi, Joko kesulitan menjelaskan atas mukjizat Al-Qur’an tidak terbakar meskipun di sekeliling bangunan hangus dilumat api.

“Iya yang di Facebook itu memang benar, memang kejadiannya seperti itu,” kata Joko.

Reporter: Muhammad Rizal  Khalqi


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here