Anggota Dewan Kalsel Ikuti Orientasi untuk Tingkatkan Kapasitas

9

KabarKalimantan, Jakarta – Anggota dewan juga perlu meningkatkan kapasitas. Itulah yang dilakukan anggota DPRD Kalsel dengan mengikuti orientasi dari Kemendagri.

Kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap anggota DPRD yang mengawali jabatannya. Biasanya berlangsung selama empat hari. Ada narasumber dari kementrian dan juga yang khusus memberi materi tentang teknis untuk bidang-bidang tertentu. Orientasi itu disebut pendalaman tugas.

Menurut Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, itu penting dilaksanakan. Ia menganggap itu adalah bentuk pembekalan wawasan dan pengetahuan bagi anggotanya.

“Tugas dan fungsi dewan adalah pembentukan peraturan, anggaran, dan pengawasan. Tiga hal ini harus terus kita tingkatkan, guna menjawab tantangan lima tahun mendatang yang lebih baik,” katanya.

Senada dengan H Supian HK, Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Karmila juga sepakat pentingnya mengikuti orientasi pendalaman tugas ini. Ia juga menganggap sebagai wujud peningkatan kapasitas.

Baca Juga :   LKPj 2018 Belum Bisa Diproses

“Kita diamanahi oleh masyarakat untuk berkinerja lebih baik. Kami pribadi, tentunya orientasi ini merupakan sebuah pembekalan ilmu untuk kami dalam menjalankan amanah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Drs Teguh Setya Budi menjelaskan, jika setiap anggota DPRD memiliki hak untuk mengikuti orientasi pendalaman tugas. Selain untuk menambah wawasan terkait tugas dan fungsi juga agar lebih mengoptimalkan peran dari DPRD Provinsi dalam mewujudkan pembangunan dan pemerintahan yang efektif, efesiensi, dan akuntable.

“Guna mewujudkan hal tersebut, dilaksanakanlah kegiatan ini,” katanya.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Editor : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here