Kam. Jul 16th, 2020

Anggota DPRD Balangan Ikuti Orientasi Fungsi dan Tugas Wakil Rakyat

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Balangan masa jabatan 2019-2024 mengikuti orientasi fungsi dan tugas wakil rakyat yang dilaksanakan di Hotel Fave Banjarbaru sejak 11-14 Oktober 2019.

Orientasi yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Selatan ini juga diikuti anggota DPRD kabupaten/kota se-Kalsel secara bertahap. Anggota DPRD Balangan tergabung dengan DPRD HST, HSS dan DPRD Tanah Bumbu.

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan mengatakan, orientasi fungsi tersebut wajib diikuti oleh seluruh anggota DPRD sebagai syarat untuk peningkatan kapabilitas diri sebagai wakil rakyat.

“Semua anggota wajib hadir, apalagi yang baru saja terpilih menjadi dewan. Karena syarat dan sertifikatnya itu penting untuk melanjutkan kepada tahapan untuk di hari berikutnya,” katanya saat dihubungi Redkal.com, Senin (14/10/2019).

Fauzan menjelaskan, bukan hanya anggota dewan yang baru terpilih yang wajib mengikuti orientasi fungsi ini, tetapi anggota dewan periode sebelumnya juga mengikutinya. Sebab, selalu ada hal baru dari materi orientasi.

Baca Juga :   DPRD-Pemkab Balangan Sahkan Propemperda 2019

“Semua dewan baik yang incumbent maupun yang baru semua belajar sama-sama, karena isu aktualnya kan selalu baru dan sudah berbeda dengan periode selama lima tahun yang lalu. Jadi harus menguasai berbagai pengetahuan terkait kerja kedewanan dan bagaimana seharusnya menjadi anggota dewan,” terangnya.

Orientasi fungsi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan H Gusti Sahran.

Dalam sambutannya, Gusti Sahran menyampaikan akan pentingnya masa orientasi ini guna memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi DPRD di kabupaten/kota.

“Fungsi legislasi yaitu produk hukum daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan itu mereka harus tahu. Tiga fungsi itulah yang harus diketahui, nantinya akan bekerjasama dengan kepala daerah di masing-masing kabupaten/kota,” ujarnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Baca Juga :   DPRD Balangan Tetapkan Perangkat dan AKD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.