Angka Covid-19 Menurun, Pemkot Banjarmasin Longgarkan Sektor Ekonomi

2 min read
2.062

KabarKalimantan, Banjarmasin – Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi kinerja pemerintah bersama TNI-Polri dan dukungan masyarakat atas upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Seribu Sungai.

“Kasus Covid-19 di Banjarmasin sudah sangat melandai. Ini kerja keras semua pihak, Satgas bersama TNI-Polri dan masyarakat,” ujarnya.

Meskipun saat ini Banjarmasin masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, namun kata Ibnu Sina, pemerintah setempat juga telah melakukan pelonggaran di sektor ekonomi.

Baca Juga :   Lensa Foto DPRD Banjarmasin Bulan Agustus 2021

Seperti membuka kembali restoran, mall, sanggar senam dan sanggar olahraga, serta sarana publik hingga pariwisata. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Pelonggaran ini lanjut Ibnu, bertujuan untuk memulihkan sektor ekonomi di Banjarmasin agar kembali bangkit.“PPKM level 4, tapi ada pelonggaran di sektor ekonomi. Pemulihan ekonomi bertahap. Kalau jam operasional seperti rumah makan itu masih jam 9,” katanya.

Dia juga mengimbau warga di kota ini untuk tetap patuh terhadap aturan yang telah di tentukan pemerintah setempat, menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga :   PPP Diminta Sukses di Pilkada, Kader dari HST Ini Optimistis

Kelonggaran di sektor ekonomi ini pun di sambut gembira oleh salah satu pelaku usaha di Banjarmasin, Ruslan. Menurutnya jam operasional sangat berpengaruh terhadap pendapatan mereka saat ini.

“Meskipun sampai jam 9 saja, itu cukup membatu kami para pelaku usaha. Bisa makan di tempat sampai jam itu lumayan bagi omset kami. Kalau bisa sampai jam 10 buka, bagus lagi,” harapnya.

Baca Juga :   Sahbirin Lantik 832 Pejabat Pemprov Kalsel

Adapun dari data laporan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel (13/9), terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 11 orang di Banjarmasin. Hingga kini totalnya sebanyak 15.613 orang.

Untuk pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kota Banjarmasin hingga kini sebanyak 14.772 orang. Sementara yang dirawat berjumlah 340 orang dan meninggal dunia sudah sebanyak 501 orang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *