Kam. Apr 9th, 2020

Antisipasi Indikasi Pelanggaran Pilkada, Bawaslu Tanbu Bentuk Sentra Gakkumdu

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu membentuk sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk mengantisipasi kerawanan pelanggaran hukum yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilakasanakan pada 23 September mendatang.

Ketua Bawaslu Tanbu H Kamiluddin Malewa mengatakan, pembentukan sentra Gakkumdu yang baru kali pertama di Tanah Bumbu ini bertujuan agar proses tahapan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, aman, damai, dan kondusif.

Tiga lembaga penegak hukum di wilayah Bumi Bersujud, yakni Bawaslu Tanbu, Polres Tanbu dan Kejari Tanbu pun bergandengan tangan dalam pembentukan sentra Gakkumdu ini.

“Sentra Gakkumdu ini dibentuk berdasarkan kesepakatan bersama, antara Bawaslu RI, Polri dan Kejaksaan Agung, sehingga di kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama,” jelasnya, Selasa (18/2/2020).

Kamiluddin menambahkan, ke depan Bawaslu Tanbu juga akan membentuk kader-kader baru dan memberikan penjelasan tentang politik kepada masyarakat Bumi Bersujud agar praktik politik uang tidak menjadi budaya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tanbu Dede Sutisna mengaku sangat menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Tanbu ini. “Dalam waktu dekat, kami akan segera menindaklanjuti langkah Bawaslu ini,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.