Antisipasi Meningkatnya Pengemis Musiman Saat Ramadhan

277

KabarKalaimantan, Banjarmasin – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui dinas terkait diminta untuk mengantisipasi dan waspada terhadap peningkatan pengemis musiman, saat bulan Ramadhan.

Momentum bulan suci umat Islam ini biasanya banyak dimanfaatkan sebagian warga untuk mengais belas kasihan. Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak juga melakukannya.

“Agar hal ini tidak meluas, kami menginginkan Pemkot melakukan pantauan terhadap pergerakan mereka. Jangan sampai kota ini menjadi tempat penampungan pengemis,” ucap Anggota DPRD Banjarmasin Elly Rahmah kepada wartawan, Sabtu (12/5/2018).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengungkapkan, bersedekah kepada siapapun termasuk kepada pengemis memang dibolehkan oleh agama Islam, tapi sebaiknya dipilah terlebih dahulu, mana yang benar dan mana yang berpura-pura menjadi pengemis.

“Kalau pengemis itu memang warga Kota Banjarmasin, harus ditelusuri apakah benar atau tidak. Bila benar tidak mampu, harus didata untuk membantu meringankan beban pengemis tersebut,” ucapnya.

Dikatakannya, jika benar mereka warga Kota Banjarmasin, semestinya tidak perlu meminta-minta di masjid atau di jalanan, cukup di data dan akan ditindaklanjuti oleh pemerintah kota sendiri. “Tapi selama ini, para pengemis yang diamankan kebanyakan pendatang,” katanya.

Berdasarkan beberapa kasus yang dilaporkan dari dinas terkait, bertambahnya pengemis khususnya dibulan Ramadhan, kebanyakan karena  hasil yang didapatkan menjanjikan. Inilah yang menjadi faktor utama jumlah pengemis setiap tahun terus bertambah.

“Untuk menekan jumlah pengemis musiman datang  ke kota seribu sungai ini, Satpol PP dan Dinas Sosial harus tegas melakukan tindakan,” tegasnya.

SMARA AQDIMUL AZMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here