Rab. Mei 27th, 2020

Antisipasi Paparan Virus Corona, Lapas Kelas II Kotabaru Percepat Pembebasan Narapidana

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kotabaru mempercepat pembebasan sejumlah warga binaan sebagai lanjutan asimilasi dan integrasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah setempat.

Kepala Lapas Kelas II Kotabaru Hartomo menjelaskan, sudah sebanyak 114 warga binaan yang dikeluarkan sejak 1-7 April lalu.

“Kebijakan percepatan pembebasan narapidana itu berlaku bagi yang sudah menjalani setengah masa hukuman, berkelakuan baik selama dalam lapas, serta adanya jaminan dari pihak keluarga,” ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Hartomo menegaskan, pihaknya tak memberikan percepatan pembebasan kepada narapidana yang dihukum karena kasus korupsi, teroris dan bandar narkotika.

Menurutnya, kebijakan percepatan pembebasan narapidana tersebut sangat tepat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di lingkungan lembaga pemasyarakatan.

“Terlebih di Lapas Kotabaru yang over kapasitas ini. Dengan jumlah mencapai 899 orang sementara daya tampung hanya 180 orang ini tentunya tak bisa menerapkan physical distancing seperti yang dianjurkan pemerintah,” tegasnya.

Melihat kondisi seperti itu, Hartomo sangat menyadari narapidana di Lapas Kotabaru sangat berpotensi terpapar virus corona. pasalnya, tahanan berjejal dan tak dapat menjaga jarak.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.