Menu

Mode Gelap

Balangan · 24 Agu 2020 15:12 WIB ·

APBD Perubahan 2020 Kabupaten Balangan Turun 0,19%


 APBD Perubahan 2020 Kabupaten Balangan Turun 0,19% Perbesar

KabarKalimantan, Paringin – Bupati Balangan Ansharuddin menyampaikan rancangan perubahan APBD tahun 2020 saat rapat paripurna yang digelar DPRD Balangan, Senin (24/8/2020).

Pada kesempatan itu, Ansharuddin menyampaikan penjelasan ringkas atas Raperda tentang APBD Perubahan Kabupaten Balangan tahun anggaran 2020.

Dijelaskannya, penyusunan Raperda tersebut berpedoman pada sistem pengelolaan keuangan daerah yang bermuara pada tuntutan efektivitas pelaksanaan kegiatan dalam rangka pencapaian program, dan efisiensi penggunaan anggaran.

“Itu berarti kita semua dituntut untuk fokus pada pencapaian sasaran pelaksanaan dan tujuan.  Sejak dari awal, perencanaan tahunan yang dilakukan melalui usulan anggaran oleh masing-masing SKPD sudah diharuskan memasukkan kaitan logis antara anggaran dengan indikator, ukuran, target kinerja pelaksanaan, kegiatan dan program,” paparnya.

Baca Juga :   23 Warga Balangan Positif Covid-19 Dirawat di Ruang Isolasi dan Karantina Mandiri

Dengan demikian, lanjutnya, ukuran keberhasilan suatu kegiatan dan program ialah sejauh mana pencapaian atau kesesuaian antara target kinerja dengan hasil yang dicapai.

“Ukuran keberhasilan sama sekali tidak terletak pada besarnya penyerapan atau realisasi anggaran. Melainkan pada sejauh mana efektivitas pelaksanaan kegiatan pencapaian target kinerja dengan penggunaan anggaran secara efisien dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, terangnya, upaya pencapaian hasil kerja (output) dari alokasi biaya (input) yang ditetapkan melalui satu atau serangkaian program/kegiatan yang terukur dan dengan biaya yang wajar dalam rangka pencapaian sasaran, merupakan hal yang utama.

“Sasaran dibuat sebagai penjabaran dari maksud keberadaan pemerintah daerah sebagai perwujudan dari penyelenggaraan pelayanan publik dan implementasi prinsip-prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :   Ketua DPRD Balangan Lantik PAW H Abdul Hadi

Saat ini, lanjutnya, pemerintah masih dihadapkan pada situasi dan kondisi pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19. Pandemi yang ditetapkan sebagai bencana nasional ini telah memengaruhi tiga sektor kebijakan keuangan, yakni pendapatan, belanja dan kebijakan pembiayaan, baik pusat maupun daerah, dan berimplikasi terhadap pergeseran anggaran dan penyesuaian APBD tahun 2020.

“Di Kabupaten Balangan, pergeseran dan penyesuaian tersebut berjalan melalui perubahan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penjabaran APBD tahun anggaran 2020 yang selanjutnya ditampung dalam PPAS perubahan APBD sebagai dasar penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2020,” ucapnya.

Disampaikan Ansharuddin, dibandingkan dengan anggaran awal atau anggaran murni, rancangan APBD tahun anggaran 2020 setelah perubahan mengalami kenaikan pada pos belanja, namun terjadi sedikit penurunan pada pos pendapatan.

Baca Juga :   Bupati Ansharuddin Terima Penghargaan BKPRMI Pusat

Pendapatan daerah dianggarkan sebesar Rp 1.146.964.223.358,00 atau turun 0,19 % dari anggaran awal. Belanja daerah dapat dianggarkan sebesar Rp 1.464.304.956.003,75 atau naik 17 % dari anggaran awal.
Pada pos penerimaan, pembiayaan dapat dianggarkan naik hingga 209,97 persen menjadi Rp 317,340,732,675,75. Sehingga mampu menutupi defisit atau selisih antara pendapatan dan belanja.

“Dalam rancangan perubahan ini kita melihat bahwa perubahan anggaran ternyata tidak selalu naik. Bahkan, kali ini pendapatan kita turun. Lebih luas lagi, penurunan pendapatan ini menunjukkan situasi keuangan yang sedang mengalami masalah, baik di daerah maupun di pusat,” tandasnya.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bupati Balangan Bersama Relawan Bantu Siapkan Makanan di Dapur Umum Korban Banjir

28 November 2021 - 19:32 WIB

Ini Cara Camat Tebing Tinggi Ajak Masyarakatnya Agar Mau Divaskin

24 November 2021 - 14:06 WIB

PT Adaro Indonesia Lanjutkan Sentra Vaksinasi Dosis Kedua

23 November 2021 - 19:20 WIB

Wabup Balangan Sosialisasikan Dua Perbup yang Mengatur Kegiatan SKPD dan Perjalanan Dinas

23 November 2021 - 19:18 WIB

BPBD Balangan Serahkan Bantuan ke Dapur Umum Warga Terdampak Banjir

19 November 2021 - 21:06 WIB

Diguyur Hujan Deras Sejak Kamis Malam, Dua Desa di Kecamatan Batumandi Terdampak Banjir

19 November 2021 - 17:13 WIB

Trending di Balangan