Kam. Okt 1st, 2020

Asap Hitam Pembakaran Limbah di Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan Resahkan Warga

1 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Beberapa hari ini, warga RT 03 Kelurahan Ulu Benteng atau tepatnya di Gang Ar-Rahman dan Gang Wijaya Kusuma merasa resah dengan asap hitam hasil pembakaran limbah di Rumah Sakit Abdul Aziz, Marabahan.

 

Saleh, salah satu warga setempat mengaku asap hitam yang bersasal dari cerobong insenerator rumah sakit milik pemerintah daerah itu membuat pakaian yang dijemurnya terkena bercak noda hitam.

“Bernafas juga tak enak. Terasa sesak dan baunya sangat menyengat. Sesekali juga terdengar seperti ledakan dan bunyinya cukup keras. Kami takut, asap itu akan berbahaya bagi kesehatan,” ujarnya, Kamis (11/6/2020).

Begitu juga dengan pengakuan Zaki. Warga sekitar Gang Ar-Rahman itu mengaku kepulan asap hitam yang mencemari udara itu membuatnya tidak bisa berlama-lama berdiam di rumah. “Kenapa tidak dibakar di tempat yang jauh dari lingkungan penduduk,” ucapnya.

Menanggapi keluhan warga itu, Direktur Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan Faturrahman menjelaskan, kepulan asap hitam pembakaran limbah itu tidak berbahaya bagi kesehatan. Karna hanya kotak-kotak catering makanan pasien Covid-19.

“Sesuai intruksi dari pusat, limbah makanan atau minuman pasien Covid-19 harus dimusnahkan sebelum dua jam. Limbah itu pun tak berbahaya, karna jika terdapat virus corona maka akan mati dengan sendirinya terkena panas dari pembakaran tersebut,” ujarnya.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.