Asiah, Sosok Semangat Berhaji di Tengah Keterbatasan Fisik 

2 min read
40

KabarKalimantan, Banjarbaru- Asiah Muhammad Yasin Arif, 70 tahun, dengan nomor paspor B6285609 adalah salah seorang jamaah calon haji yang kesulitan berjalan. Asiah masuk dalam kloter satu Kota Banjarmasin.

Ia hanya bisa duduk di atas kursi roda sambil memegang tongkat untuk sesekali berdiri. Asiah tampak semangat mendengarkan setiap arahan dan takzim ketika mendaraskan do’a bersama.

Asiah yang merupakan warga Antasan Kecil Timur,belakang Masjid Jami Gang Syukur, Banjarmasin Utara ini mengaku sudah mendaftar haji pada tahun 2009.

Baca Juga :   PGRI Banjarmasin Laksanakan Rakor, Pelaku Usaha Berikan Diskon Untuk Anggota PGRI

“Baru bisa berangkat sekarang,” kata Asiah di sela pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji Banjarbaru, Ahad (30/7/2017).

Saat ditemui KabarKalimantan, ia datang ke Asrama Haji setelah diantarkan oleh kerabatnya. Asiah tak bisa lepas dari kursi roda. “Aku sendirian, tidak dengan siapa-siapa paling panitia atau jamaah lain yang membantu,” kata dia.

Baca Juga :   Ini Hal yang Perlu Diketahui dan Dilakukan Orangtua untuk Menghindarkan Anak dari Bahaya Narkoba

Dirinya juga selama di Tanah Suci akan meminta bantuan orang-orang yang sudi membantu mendorong kursi rodanya. “Dan akan ku beri upah,” Asiah melanjutkan.

Sesekali ia tampak meneteskan air mata. Di tengah  keterbatasan  fisik, wanita sepuh itu masih punya semangat tinggi untuk menapakkan diri ke Tanah Suci. Asiah sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah selama menjalankan ibadah haji tahun 2017. “Selama di sana Allah saja lagi yang mengatur, aku berserah diri ja,” ujar dia.

Baca Juga :   Anggaran Perjalanan Dinas Ditambah

Sejumlah jamaah mengingatkan Asiah agar selalu berhati-hati selama di Tanah Suci. Asiah sudah menukar mata uang rupiah ke mata uang riyal. Ia banyak membawa uang untuk memberi upah kepada pendorong kursi rodanya.

Syahri Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *