Asmad: Raperda Zenith Harus Disesuaikan dengan Permenkes

79

KabarKalimantan, Banjarmasin – Rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait penayalahgunaan dan peredaran Pil Carnophen alias Zenith kembali digodok di DPRD Banjarmasin. Perdanya pun akan disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 7 Tahun 2018.

Ketua Pansus Raperda pencegahan, penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, psikotropika dan zat adiktif Lainnya Asmad mengungkapkan, adanya perubahan penggolongan yang mengatur masuknya Zenith ke dalam narkotika golongan satu itu merupakan angin segar untuk memberantas penyalahgunaan obat-obatan.

Penyesuaian Raperda pun akan segera dilakukan. Mengingat tidak hanya menyasar golongan remaja dan dewasa saja, bahkan obat jenis ini sudah ditemukan dan disalahgunakan oleh kalangan pelajar dibawah umur.

“Kalau Raperda itu sendiri sudah mencapai tahap pembahasan pasal perpasal. Tinggal nantinya kami sesuaikan dengan Permenkes yang baru itu,” ucapnya kepada wartawan kemarin di DPRD Banjarmasin.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap, dengan berlakunya aturan itu nantinya angka penyalahgunaan obat-obatan di Kota Seribu sungai ini dapat ditekan. “Ya harapan kami seperti itu, kalau bisa tidak ada lagi yang menyalahgunakannya,” harapnya.

Baca Juga :   DPRD Banjarmasin Batasi Peliputan Pers Pasca Diobrak KPK

Ia menambahkan, pengadopsian Permenkes itu ke dalam Raperda juga bertujuan untuk memperkuat undang-undang kepolisian dalam memberantas peredaran gelap narkotika dan obat-obatan terlarang. “Insya Allah, Raperda ini akan segera selesai,” tutupnya.
SMARA AQDIMUL AZMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here