Sab. Jan 23rd, 2021

Atasi Krisis Air, Zairullah Berencana Bangun Embung dan Waduk Riam Kiwa  

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Menanggapi kerugian yang dialami Perusda PDAM Bersujud, Tanah Bumbu hingga puluhan miliar pada 2020 lalu, Bupati Tanbu terpilih H M Zairullah Azhar meminta kepada pimpinan yang baru dan jajaran PDAM Bersujud untuk secepatnya melakukan perbaikan.

Ia menginginkan, kedepannya PDAM Bersujud tak lagi mengalami kerugian. Sebab menurutnya, PDAM itu merupakan aset daerah yang harus dijaga dan ditingkatkan bersama-sama untuk menyokong Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kelancaran pelaksanaan pembangunan di Bumi Bersujud.

“Selain itu, kita juga masih menghadapi masalah krisis sumber air minum,  seperti di daerah Sebamban dan Sungai Loban. Masyarakat setempat masih mengalami kesusahan air bersih, karena di musim kemarau sumber-sumber air tersebut mengering,” ungkap Zairullah.

Untuk mengatasi masalah masayarakat dalam kesulitan mendapatkan air bersih ketika menghadapi musim kemarau, lanjutnya, pemerintah daerah sudah merencanakan pembangunan embung di beberapa titik wilayah terdampak itu. “Insya Allah, rencana ini akan kita realisasikan di tahun ini,” ucapnya.

Selain membangun embung, target program pembangunan waduk riam kiwa yang dicita citakan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu pada tahun 2022 mendatang pun segera dilakukan.

“Semoga dengan terbangunnya embung dan waduk riam kiwa, nantinya masyarakat Tanah Bumbu tidak mengalami krisis air bersih lagi. Selain itu, saya juga mempunyai keinginan besar seperti yang sudah dimiliki oleh  negara-negara lain, bahwa penyaluran air bersih oleh PDAM kepada para pelanggan bisa dikonsumsi langsung,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.