Awas! Mengemudi Sambil Merokok di Banjarbaru Bisa Kena Sanksi

672

KabarKalimantan, Banjarbaru – Para supir angkutan umum mestinya harus tahu diri ketika merokok sembari mengemudi. Tersebab, pihak Dishub Kota Banjarbaru sedang menerapkan Perda No 12 Tahun 2017 tentang kawasan tanpa rokok termasuk di Angkutan Umum.

Meski penegasan tersebut masih dalam tahapan sosialisasi, ke depan, bagi pengemudi yang kedapatan merokok sambil mengemudi akan dikenai sanksi hukuman. Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru telah bersepakat dengan Satuan lalu Lintas Banjarbaru dalam pelaksanakan kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas beberapa pekan ini. Artinya, mereka para pengemudi yang kedapatan sambil merokok akan dimintai keterangan dan dinasihati pihak kepolisian.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Yannie Makkie kepada wartawan menerangkan, Peraturan Daerah (Perda) Kota Banjarbaru No 12 tahun 2017 tentang Kawasan tanpa rokok untuk Fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan tempat umum sebenarnya sudah berjalan cukup efektif dewasa ini.

“Sejumlah kendaraan roda empat yang melintas dari arah Banjarmasin menuju Banjarbaru diarahkan masuk ke kawasan kantor Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru untuk diberitahukan perihal ini. Dan ini sudah berlandaskan perda. Selanjutkan aka nada pemeriksaan terkait menyurat kendaraan dan sekaligus ditempeli striker stop merokok dan sosialisasi Perda Kota Banjarbaru Nomor 12 Tahun 2017 terlihat dengan kawasan tanpa rokok,” paparnya.

Dikatakannya, sementara ada 63 armada angkutan umum yang terdata. Dan ada 4 armada yang secara indikator belum memenuhi standarisasi sebagai angkutan umum dan barang. Pihaknya memastikan akan terus gencar melakukan sosialisasi tersebut sampai batas waktu yang ditentukan.

“Hal ini juga sebagai peringatan tidak hanya kepada para sopir, tetapi juga penumpang agar tidak merokok dalam angkutan umum di wilayah Kota Banjarbaru. Kami selalu melakukan pemeriksaan dan pengawasan bersama tim agar perda ini betul-betul berjalan efektif,” pungkasnya.

Ananda

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here