Baca Buku di Kampung Buku

KabarKalimantan, Banjarmasin – Berkunjung ke Kampung Buku, bisa minum kopi sambil baca buku.

 

Kampung Buku mulai dibuka sejak Rabu (10/7/2019) lalu. Tempat baru ini berada di Jalan Sultan Adam Banjarmasin. Dari kampus Uniska, sebelum simpang jalan arah Sungai Miai akan ada tulisannya di samping kiri jalan.

 

Membaca buku di sini tak perlu takut bising. Suara motor di jalanan kurang terdengar. Belum lagi, ada kopi yang bisa dipesan di Kedai Matahari. Memilih-milih bahan bacaan bisa lebih santai.

 

Sedikitnya, ada tiga bilik yang memajang aneka jenis bacaan. Mulai dari yang ringan seperti cerpen dan novel, bahkan juga yang berat seperti antropologi dan filsafat.

 

Di samping meja untuk duduk santai, terpampang potret sejumlah penyair banua beserta petilan karyanya. Owner Kampung Buku, Hajeriansyah mengakui jika itu punya tujuan khusus. Mengenalkan tokoh-tokoh yang pernah meramaikan jagat sastra di Banua. Sebut saja Hijaz Yamani dengan puisinya Kali Martapura dan Mawar karya Ajamuddin Tifani.

Baca Juga :   2019, Semua Bidang Tanah di Banjarmasin Bersertifikat

 

“Buku-buku yang menghimpun karyanya juga akan dipajang,” kata Hajeriansyah, Senin (16/7/2019) malam.

 

Selain untuk memilih buku dan nongkrong sambil minum kopi, Kampung Buku juga bakal disibukkan dengan kegiatan lain. Baik yang berhubungan dengan literasi, juga kegiatan kreatif lainnya.

 

“Ada kelas-kelasnya,” ujarnya lagi.

 

Hajeriansyah sendiri, akan membuka kelas seni rupa dan penulisan kreatif. Pembicaranya dari rekan-rekan terdekat. Ada seniman, sastrawan, juga akademisi.

 

“Sekali-sekali didatangkan dari luar daerah,” ucapnya.

 

Reporter : M Ali Nafiah Noor

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : M Ridha

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here