Balangan Lakukan Peremajaan Puskesmas

393
Puskesmas Lokbatu yang butuh perbaikan layanan. Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat pada 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan akan membangun dan merehab Puskesmas dan jaringannya. Kalau tidak ada halangan akan dibangun 1 Puskesmas perawatan dan 2 Poskesdes. Selanjutnya, 2 Puskesmas dan 1 Puskesdes akan direhab.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melalui Sekretaris Dinas Hajjah Norhasnani yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/1/2018) mengungkapkan, bahwa saat ini kondisi di beberapa puskesmas tersebut memamg butuh perhatian, karena mengingat jumlah ruangan yang ada saat ini tidak mencukupi, ditambah pula dengan rencana peningkatan status puskesmas dari rawat jalan menuju rawat nginap.

“Kondisi seperti ini menyebabkan, kenyamanan dalam memberikan pelayanan pun masih dinilai kurang,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk memberikan peningkatan terhadap pelayanan di tingkat puskesmas dan jaringannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan telah menganggarkan dana sekitar 3,7 milyar lebih tahun ini untuk melakukan pembangunan dan rehab.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Muhammad Noor ikut menambahkan, untuk tahun 2018 ini pembangunan gedung diantaranya adalah pembagunan Puskesmas perawatan Tanah Habang, pembangunan Poskesdes Suryatama dan Sungsum. Sedangkan untuk rehab bangunan akan dilakukan pada Puskesdes Batu Merah. Selanjutnya, dengan menggunakan dana DAK akan direhab pula Puskesmas Uren dan Puskesmas Tebing Tinggi.

“Selain itu, tahun ini juga dilakukan pengadaan mobil Pusling sebanyak 2 Unit untuk Puskesmas Lokbatu dan Uren. Selanjutnya, di Puskesmas Halong, Lokbatu, Lampihong, dan awayan akan dibangun pula Instalasi pengolahan air limbah atau IPAL,” urainya.

Dikatakannya, pembangunan dan pengadaan yang dilaksanakan ini, merupakan bentuk kewajiban pemerintah daerah kabupaten Balangan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kesehatan kepada masyarakatnya.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here