Balangan Menggeber Trail Rabah Waluh

KabarKalimantan, Paringin- Bupati Balangan H Ansharuddin, melepas even one day trail Adventure Rabah Waluh pada Ahad pagi (20/8/2017). Pelepasan ajang trail yang diikuti 500-an raider itu di halaman kantor Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan. Event Trail Rabah Waluh part 1 diselenggaran oleh Sanggam Balangan Adventure Trail ( S- BAT ).

Selain peserta dari Kalimantan Selatan, banyak raider asal Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur ikut serta even Rabah Waluh. “Kegaiatan ini saya sangat mengaprisiasi namun perlu diingat harus tetap jaga sportivitas dan terutama keselamatan saat melintasi jalur,” ujar Ansharuddin saat melepas peserta, Ahad (20/8/2017).

Ia berharap pecinta motor trail Balangan mesti rutin menggeber even serupa di tahun-tahun berikutnya. Para raider tampak sangat antusias ingin menjajal trek alam di Bumi Sanggam. Menurut Ansharuddin, momen ini sekaligus ajang promosi pengelolaan potensi wisata di Kabuapten Balangan.

Peserta mesti melahap rute trek sepanjang 42 kilometer. Bermula dari halaman kantor Kecamatan Juai, peserta melewati jalur-jalur esktrim di tengah perkebunan warga Desa Sumber, Desa Mungkur Uyam, dan berakhir di halaman kantor Kecamatan Juai.

Bupati Ansharuddin; Dandim 1001 Amuntai-Balangan, Letkol Arya Sagita Saleh; dan Wakil Ketua DPRD Balangan, M Noor Iswan ik menaiki motor trail untuk menjajal treking Rabah Waluh. Lantaran belum mahir, mereka dan rombongan lain melintasi jalur khusus yang lebih mudah.

“Sudah 30 tahun saya tidak pernaik naik motor trail, ini sangat berkesan semoga tahun nanti saya makin terlatih. Insya Allah kami akan ikuti,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Rabah Waluh, Nanang Edwar, mengatakan kegiatan ini bertujuan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Selain itu, kata Nanang, ajang trail dapat mempublikasikan potensi alam dan jalur ektrem bagi rider di Kabupaten Balangan.

Menurut dia, panitia tidak menduga banyak rider asal Kalteng dan Kaltim ikut di ajang Rabah Waluh. Padahal, ia memprediksi peserta kemungkinan cuma asal Kalsel. “Kami ucapakan terima kasih kepada Bupati Balangan yang berkenan ikut dalam even train Rabah Waluh dan aprisiasi kami ucapkan kepada para raider, baik dari kalsel dan luar kalsel,” ucapnya.

Event Rabah Waluh ditutup dengan acara hiburan dan pembagian hadiah door price di halaman Kantor Kecamatan Juai. Kegiatan ini memperebutkan satu unit sepeda motor dan berbagai alat elektronik.

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here