Balangan Pastikan Penyaluran Beras Rastra Tepat Sasaran

Rakor penyaluran beras sejahtera (Rastra) di Balangan, Rabu (20/12/2017). Redkal.com

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan memastikan penyaluran beras sejahtera (Rastra) tepat sasaran pada 2018. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo, mengatakan pemerintah daerah berkomitmen menunjang program bantuan rastra agar tepat sasaran.

Ribowo mengatakan penerima rastra bebas biaya tebusan alias gratis sesuai amanat Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Sosial. Sebab, kata dia, pemerintah telah mengubah skema penyaluran rastra dari pangan bersubsidi menjadi bantuan sosial pangan.

Untuk memastikan penyaluran rastra , Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Bulog Sub Divisi Wilayah Barabai, Kejaksaan Negeri Balangan, BPS, dan Badan Ketahanan Pangan Balangan, menggelar rapat tim koordinasi dan evaluasi penyaluran rastra di Gedung Bapeda Kabupaten Balangan, Rabu (20/12/2017).

Adapun dari Bulog Sub Divisi Regional Wilayah Barabai, H.Zainal Ilmi melaporkan bahwa realisasi penyaluran rastra di Balangan mencapai 100 persen pada 2017. Adapun tahun 2018, Zainal berupaya membina kerjasama yang positif dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat penerima rastra.

Baca Juga :   Sejahterakan Warga, Pemkab Balangan Lanjutkan Program Rumah Layak Huni 

“Langkah ini menjadi prioritas pelayanan Bulog dan berharap agar masyarakat jangan segan melaporkan kepada pihak Bulog apabila menerima beras yang rusak atau tidak sesuai, maka sesegeranya kami ganti dgn kualitas yg lebih baik,” terangnya.

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Balangan, Januar Hapriansyah SH menjelaskan program rastra bertujuan mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein.

Hal ini diatur negara yang telah berkomitmen mengentaskan kemiskinan dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 370 tiliun pada 2017 dengan memformulasikan bermacam bentuk penanganan penurunan angka kemiskinan. “Kami siap sebagai pengawal akan selalu membantu mensukseskan program tersebut, sekaligus menjadi leading sektor selaku kontroler,” kata Januar.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here